Lihat ke Halaman Asli

Danan Wahyu Sumirat

Travel Blogger, Content Creator and Youtuber

Beli Apartemen di Batam, Apakah WNA Boleh?

Diperbarui: 16 Oktober 2023   19:14

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Finansial. Sumber ilustrasi: PEXELS/Stevepb

Pulau Batam kerap dijadikan tempat beriventasi WNA, karena letaknya yang sangat strategis, dekat dengan Singapura dan Johor Bahru, Malaysia. Properti dianggap sebagai salah satu investasi yang menguntungkan di pulau Batam. Selain harganya yang terus meningkat, sewa apartemen dan rumah tapak kerap menjadi pilihan pelancong, jika hotel di Batam penuh.  Namun apakah syarat WNA jika ingin beli apartemen di Batam?

Peraturan
Ada beberapa peraturan di Indonesia yang mengatur status kepemilikan properti bagi WNA, agar properti yang dimiliki memiliki kekuatan hukum. Peraturam pertama yang tercantum dalam  Undang-Undang (UU) Nomor 5 Tahun 1960 tentang Peraturan Dasar Pokok-pokok Agraria (UUPA). Syarat berikutnya  tentang batasan status kepemilikan hunian. WNA hanya bisa diberikan hak pakai dan maksimal hak guna bangunan (HBG). HGB itu pun hanya untuk rumah susun (apartemen).

Tempat tinggal berstatus hak pakai diberikan kepada WNA dalam jangka waktu paling lama 30 tahun. Lalu bisa diperpanjang paling lama 20 tahun dan diperbarui maksimal 30 tahun. Sementara itu untuk status kepemilikan rumah susun WNA syaratnya harus berupa hak pakai atau HGB di atas tanah negara. Selain itu, bisa juga berupa hak pakai atau HGB di atas tanah negara, hak pengelolaan, atau hak milik.

Hunian yang dapat dimiliki orang asing meliputi dua hal yaitu rumah tapak dan rumah susun. Kendati telah disebutkan bahwa jenis hunian yang dapat dibeli WNA berupa rumah tapak dan rumah susun, masih ada beberapa batasan kategori turunannya. Sebagaimana merujuk Pasal 186 Permen ATR/BPN No. 18 Tahun 2021 yang menjelaskan bahwa terdapat beberapa kategori hunian yang bisa dimiliki oleh WNA .

Rumah tapak, Rumah dengan kategori rumah mewah sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan. Satu bidang tanah per orang/keluarga dan/atau. Tanahnya paling luas 2.000 meter persegi. Rumah Susun. termasuk kategori rumah susun komersial. Namun, apabila memberikan dampak positif terhadap ekonomi dan sosial, maka rumah tapak dapat diberikan lebih dari satu bidang tanah atau luasannya lebih dari 2.000 meter persegi dengan izin Menteri. Pembatasan tersebut juga dikecualikan bagi pemilikan rumah tempat tinggal atau hunian oleh perwakilan negara asing dan/atau perwakilan badan internasional.

Harga Hunian

Selain regulasi, persyaratan, dan jenis hunian, pemerintah juga telah menetapkan batasan harga hunian yang bisa dibeli oleh WNA. Setiap wilayah di Indonesia bahkan memiliki batasan minimal harga hunian yang berbed-beda.

Harga minimal rumah tapak untuk WNA: DKI Jakarta Rp 10 miliar, Banten Rp 5 miliar, Jawa Barat Rp 5 miliar, Jawa Tengah Rp 3 miliar, DI Yogyakarta Rp 5 miliar, Jawa Timur Rp 5 miliar, Bali Rp 5 miliar, NTB Rp 3 miliar, Sumatera Utara Rp 3 miliar, Kalimantan Timur Rp 2 miliar,  Sulawesi Selatan Rp 2 miliar, Daerah/Provinsi lainnya Rp 1 miliar

Harga satuan rumah susun untuk WNA: DKI Jakarta Rp 3 miliar,  Banten Rp 2 miliar, Jawa Barat Rp 1 miliar, Jawa Tengah Rp 1 miliar, DI Yogyakarta Rp 1 miliar, Jawa Timur Rp 1,5 miliar,  Bali Rp 2 miliar,  NTB Rp 1 miliar,  Sumatera Utara Rp 1 miliar,  Kalimantan Timur Rp 1 miliar,  Sulawesi Selatan Rp 1 miliar dan  Daerah/Provinsi lainnya Rp 750 juta.

Dekat Feri Internasional
Favorit pilihan apartemen WNA di Batam dekat dengan feri internasional yang berlokasi di Harbourbay, Batam Center dan Nongsa. Tapi Nongsa yang jarak tempuhnya paling dekat dengan Singapura hanya 30 menit pelayaran ke pelabuhan Tanah Merah. Dari pelabuhan Tanah Merah ke bandara Changi hanya 15 menit dengan menggunakan taksi. Tak mengherankan apartemen sangat di Nuvasa Bay sangat direkomendasikan bagi WNA bermobilitas tinggi.

Rekomendasi apartemen di Batam paling dekat Singapura, Nuvasa Bay Batam

Kini Nuvasa Bay memiliki dua tower apartemen yaitu Kaina dan Kalani dengan varian tipe unit : studi, 1 kamar tidur, dua kamar tidur,  dan penthouse.Jika menilik dari regulasi WNA tipe 1 kamar tidur, 2 kamar tidur dan penthouse yang dapat dibeli oleh WNA.

Menilik dari regulasi di atas WNA dapat membeli apartemen di Batam dengan harga di atas Rp 750 juta




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline