Lihat ke Halaman Asli

Danang Satria Nugraha

Pengajar di Universitas Sanata Dharma

Beszelek Magyarul es Mas Nyelveket: Potret Masyarakat Multilingual di Hongaria

Diperbarui: 31 Juli 2023   15:15

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Summer University - Hungarian Language & Culture | Source: https://arts.u-szeged.hu/summer-university

This landscape fills my heart with thrilling joy;

Here years ago I dwelt, a happy boy;

Here was I born, in this fair village-place;

I yet recall my dear old nurse's face;

Her simple cradle song sounds ever near,

And "Mayfly, yellow Mayfly" still I hear.

_____Sándor Petőfi in Szülőföldemen (In My Native Land)

Menilik jantung Eropa Tengah, tersembunyi di balik cakrawala yang indah, terdapat sebuah negara yang menarik perhatian dengan pesona keanekaragaman budayanya. Itulah Hongaria, sebuah negeri yang menawarkan potret menakjubkan dari masyarakat multibahasa yang hidup berdampingan dalam harmoni. Bukan rahasia lagi bahwa bahasa adalah pintu gerbang untuk memahami dan meresapi kekayaan budaya suatu bangsa. Dalam perjalanan menuju pencapaian kemerdekaan dan identitas nasional, Hongaria telah membuktikan dirinya sebagai tempat yang tak hanya menyimpan jejak sejarah yang mendalam, tetapi juga menjadi rumah bagi sejumlah bahasa yang membentuk kehidupan sehari-hari masyarakatnya.

Melintasi jembatan antara Eropa Timur dan Barat, komunitas multibahasa di Hongaria menyiratkan perspektif yang unik dalam menghadapi tantangan dunia global saat ini. Dari perdebatan politik hingga dinamika sosial, keseimbangan antara bahasa-bahasa ini mencerminkan tekad masyarakat Hongaria untuk tetap menghormati dan merayakan akar budaya mereka, sambil juga terbuka untuk interaksi dengan dunia luar. Opini ini menyelami nukilan hidup masyarakat multibahasa di Hongaria, serta menyoroti pentingnya melestarikan keanekaragaman bahasa dalam era globalisasi yang semakin tak terelakkan. Selain itu, pembaca juga diajak untuk mengeksplorasi sedikit ulasan tentang mekanisme bahasa ketika ditempatkan cerminan identitas dan ulasan tentang cara masyarakat Hongaria dalam upaya menjaga warisan ini agar tetap hidup dan relevan dalam abad ke-21.

Kekayaan Budaya dalam Keberagaman Bahasa
Siapa yang menyangka bahwa di Hongaria keberagaman bahasa menjadi cerminan kekayaan budaya yang luar biasa? Berbagai bahasa yang digunakan oleh masyarakat Hongaria telah membentuk identitas nasional mereka, sekaligus mencerminkan jejak sejarah yang panjang. Dalam konteks tersebut, tidak hanya bahasa-bahasa minoritas tetapi juga bahasa-bahasa regional memiliki peran penting dalam memelihara keberagaman budaya dan memperkaya dialog antarbudaya di negara ini.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline