Pada era digital saat ini, tidak dapat dipungkiri bahwa anak muda , khususnya mahasiswa senang menunjukan ekspresi diri melalui media sosial terutama pada aplikasi Twitter yang didalamnya terdapat fitur menfess. Menfess atau mention confess sebenarnya merupakan wadah untuk mengirim pertanyaan dan jawaban secara anonim. Pada umumnya menfess memang sering digunakan untuk saling berbagi cerita , candaan , kritik , pendapat , dan segala bentuk pengekspresian perasaan hati seseorang secara online dan bersifat anonim.
Namun tak disangka fenomena penggunaan menfess pada Undipmenfess ternyata cukup berbeda dari penggunaan menfess pada umumnya. Menariknya, Undipmenfess justru kerap dijadikan sebagai wadah untuk melakukan kegiatan bisnis para mahasiswa bahkan warga sekitar kampus , beberapa barang atau jasa yang kerap diperjualbelikan dan ditawarkan dalam menfess ini antara lain produk makanan , tiket konser,jasa antar-jemput, jasa titip barang, jual-beli barang bekas (preloved) , perabotan kost , peralatan kuliah, dan lain sebagainya. selain itu para mahasiswa juga sering berbagi rekomendasi (review) tempat makan di daerah Tembalang yang patut dicoba sambil membantu mempromosikan produk makanan lokal sekitar kampus.
Jika dilihat dari namanya, menfess ini sebenarnya khusus untuk mahasiswa Universitas Diponegoro ,namun pada kenyataannya menfess ini terkesan menjadi menfess umum karena kerap digunakan untuk memberikan informasi seputar daerah sekitar kampus dan digunakan sebagai wadah jual beli barang dan jasa .karena hal tersebut, mahasiswa dapat dengan mudah untuk mencari informasi dan mendapatkan penawaran menarik dari menfess ini.
Fenomena ini menunjukan bahwa Undipmenfess bukan hanya menjadi tempat berbagi cerita secara anonim , tetapi juga telah menjadi sarana yang efektif dalam membuka peluang bisnis di lingkungan kampus dan sekitarnya. Mahasiswa dan warga sekitar kampus dapat memanfaatkan menfess ini untuk sarana menciptakan jejaring bisnis, dan bahkan mendukung ekosistem ekonomi lokal.
Dengan memahami tren dan kebutuhan pasar terkini yang terungkap di undipfess, para pelaku usaha terutama mahasiswa, dapat lebih efektif dalam Menyusun strategi bisnis mereka. Harapannya undipmess dapat menjadi sebuah katalisator untuk mengembangkan bisnis mereka dan hal ini juga dapat membuktikan bahwa perkembangan teknologi dan media sosial tidak hanya memberikan mempengaruhi interaksi sosial , tetapi juga dapat membantu peluang baru dalam dunia bisnis bahkan di lingkungan kampus.
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H