Lihat ke Halaman Asli

Danang ArjunaPrihardianto

Mahasiswa. Seniman 2D Digital

Wujud Transformasi Digital

Diperbarui: 15 Februari 2024   10:01

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Sumber: Danang Arjuna Prihardianto, Advetorial Design

Advertorial. Hadirnya Perkembangan Teknologi  yang begitu cepat  membuat  banyak  perubahan yang dapat dirasakan di setiap sektor dalam kehidupan.  Perlahan,  aktivitas  yang biasa dilakukan  secara offline mulai berubah  dan bertransformasi ke arah digital (Online Based). Beberapa Sektor yang mulai melakukan transformasi ke arah digital, antara lain adalah Sektor Pemasaran, Sektor Pendidikan, Sektor Industri Kreatif, dan sektor-sektor lainnya.

Sektor Pemasaran

Sektor perdagangan, pemasaran dan E-Commerce menjadi salah satu sektor yang saat ini telah bertransformasi ke digital, juga telah dirasakan oleh masyarakat luas, yang  memungkinkan siapa saja bisa ber- belanja dimana aja dan kapan saja secara online melalui Aplikasi Marketplace seperti Tokopedia, Shopee, Lazada, dan lain lain. 

Sektor Pendidikan

Pendidikan menempati kedudukan yang paling penting dalam transformasi digital, membuat semua orang dapat belajar darimana saja, dari kalangan siapa saja, dengan waktu kapan saja. Melalui youtube, Instagram dan Platform Digital lainnya, bahkan dalam pendidikan formal pun sudah mulai melakukan Transformasi Digital. Seperti halnya dalam jenjang Perguruan Tinggi, yaitu Universitas Siber Asia, menjadi Kampus Swasta berbasis Full Online pertama di Indonesia.

Sektor Industri Kreatif

Siapa saja bisa membuat konten, membuat karya dan melakukan publikasi di media digital, seperti Sosial Media, atau portal berita. Era saat ini, Industri Kreatif telah Go Digital. Sebagai contoh, tak hanya Seniman Tradisional, namun Seniman Digital juga telah menemukan tempat dan kesempatan bagi mereka untuk menciptakan berkarya.

Penulis : Danang Arjuna Prihardianto

Mahasiswa Universitas Siber Asia




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline