Advertorial. Hadirnya Perkembangan Teknologi yang begitu cepat membuat banyak perubahan yang dapat dirasakan di setiap sektor dalam kehidupan. Perlahan, aktivitas yang biasa dilakukan secara offline mulai berubah dan bertransformasi ke arah digital (Online Based). Beberapa Sektor yang mulai melakukan transformasi ke arah digital, antara lain adalah Sektor Pemasaran, Sektor Pendidikan, Sektor Industri Kreatif, dan sektor-sektor lainnya.
Sektor Pemasaran
Sektor perdagangan, pemasaran dan E-Commerce menjadi salah satu sektor yang saat ini telah bertransformasi ke digital, juga telah dirasakan oleh masyarakat luas, yang memungkinkan siapa saja bisa ber- belanja dimana aja dan kapan saja secara online melalui Aplikasi Marketplace seperti Tokopedia, Shopee, Lazada, dan lain lain.
Sektor Pendidikan
Pendidikan menempati kedudukan yang paling penting dalam transformasi digital, membuat semua orang dapat belajar darimana saja, dari kalangan siapa saja, dengan waktu kapan saja. Melalui youtube, Instagram dan Platform Digital lainnya, bahkan dalam pendidikan formal pun sudah mulai melakukan Transformasi Digital. Seperti halnya dalam jenjang Perguruan Tinggi, yaitu Universitas Siber Asia, menjadi Kampus Swasta berbasis Full Online pertama di Indonesia.
Sektor Industri Kreatif
Siapa saja bisa membuat konten, membuat karya dan melakukan publikasi di media digital, seperti Sosial Media, atau portal berita. Era saat ini, Industri Kreatif telah Go Digital. Sebagai contoh, tak hanya Seniman Tradisional, namun Seniman Digital juga telah menemukan tempat dan kesempatan bagi mereka untuk menciptakan berkarya.
Penulis : Danang Arjuna Prihardianto
Mahasiswa Universitas Siber Asia
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H