Lihat ke Halaman Asli

Dan Jr

TERVERIFIKASI

None

Fakta Sinabung yang Mungkin Anda Tidak Tahu...

Diperbarui: 17 Juni 2015   18:44

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Humaniora. Sumber ilustrasi: PEXELS/San Fermin Pamplona

Sejak erupsi pertama kali setelah ratusan tahun "tidur" ada beberapa fakta yang disodorkan Gunung Sinabung kepada kita semua. Beberapa fakta memang sudah mencuat kepublik, walau tidak sedikit juga yang acuh tak acuh, dan fakta lainnya yang justru luput dari liputan media.

1. Sibayak Bukan Sinabung

Adalah Gunung Sibayak yang sesungguhnya menjadi ketakutan tersendiri bagi masyarakat karo, karena memang diketahui secara umum bahwa gunung ini adalah gunung merapi yang terakhir kali meletus pada 1881. Bahwa masyarakat tanah karo umumnya sebelum pada tahun 2010, justru menganggap gunung sinabung sebagai gunung "mati" alias sudah bukan gunung berapi lagi. Sehingga, masyarakat lebih mencemaskan meletusnya gunung sibayak bukan sinabung.

2. Sinabung tidak meletus ditengah

Menarik, bahwa walaupun gunung sinabung adalah termasuk Stratovulcano, yaitu gunung yang mengerucut tapi gunung ini meletus justru tidak menyemburkan api dari puncak kerucutnya. Gunung sinabung meletus, ada dibagian samping, yang setiap waktu terkikis. Masyarakat mengkhawatirkan bahwa gunung ini akan runtuh, bukan membentuk kawah, tapi benar - benar akan rata dengan tanah.

3. Sinabung Erupsi Terlama Di Indonesia

Inilah daftar empat gunung dengan erupsi terlama di Indonesia ; 1. Gunung Sinabung (15 September 2013 - sekarang) lebih dari setahun; 2. Gunung Agung dan Galunggung Selama hampir Setahun; 3. Gunung Bromo selama tujuh bulan.

4. Gunung Sinabung adalah Anak Gunung Toba

Sejarah dunia mencatat bahwa meletusnya gunung Toba puluhan ribu tahun silam adalah yang paling mengerikan didunia. Faktanya, selain menciptakan pulau samosir dan danau toba, Gunung Toba juga meninggalkan dua gunung berapi yang kemudian menjadi "anak gunung toba" yaitu Gunung Sinabung dan Gunung Sibayak.

5. Sinabung adalah Gunung Kurang Perhatian

Tidur tenang selama ratusan Tahun bahkan sejak gunung Toba terakhir kali meletus, membuat Gunung Sinabung tidak mendapat perhatian yang cukup. Perhatian berlebih justru dicurahkan kepada Gunung Sibayak yang sedikit lebih kecil daripada Gunung Sinabung. Selama ratusan tahun itu pula, Gunung Sinabung "memasak" dan akhirnya melemparkan letusan dahsyat.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline