Lihat ke Halaman Asli

MOH ABDUH

Jurnalis - Social Media Specialist | Penulis | Fotografer | Editor Video | Content Writer | sang pencinta dan pecandu proses

Optimalisasi Pengelolaan Koperasi dan Strategi Branding di Asrama Al-Hunnain Pondok Pesantren Darul Ulum Jombang

Diperbarui: 2 September 2021   15:32

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Dok. Pribadi 

COVID19 Mengubah mobilitas kehidupan sehari-hari kita bahkan semua bidang memiliki cara yang berbeda untuk menjalankan aktivitasnya baik itu bidang pendidikian, perekonomian sosial maupun Budaya, hal ini berpengaruh terhadap pelaksanaan KKN yang dilakukan oleh kelompok 66 UNUSA 2021 ini yang mana dilakukan secara bergantian antara online dan offline.

KKN yang dilakukan oleh kelompok 66 ini beranggotakan 10 orang mereka melakasanakannya di pondok pesantren Darul Ulum Jombang lebih husus di asrama Al-hunnain 18, dengan mengankat tema optimalisasi Koperasi dan strategi branding di pondok pesantrel Darul Ulum Jombang, mengapa tema yang diangkat tentang hal tersebut, karena permasalahan di pondok Darul Ulum jombang-18 adalah Koperasi dan Brandingnya, Asrama Al-hunnain -18 baru saja mendirikan koperasi dan memasarkan kaos santri, hal ini langsung team pelajari lebih lanjut sehingga diputuskan untuk mengambil tema tersebut,

Mengapa Berkoperasi Penting  

Tema yang diambil sangat berpengaruh dan dibutuhkan sekali oleh masyarakat pesantren kerena mereka juga baru mendirikan koperasi, Mengapa Kita Perlu Berkoperasi? Dengan berkoperasi pondok pesatren jombang asram 18 Al-hunnain sudah mampu menggandeng UKM yang ada di desa sikatarnya yaitu penjahit baju.      

Pemerintah Republik Indonesia telah menggariskan dengan tegas bahwa dalam rangka pembangunan nasional, dewasa ini koperasi harus menjadi soko guru dan wadah utama bagi perekonomian rakyat. Kebijakan tersebut benar -- benar sesuai dengan isi dan jiwa UUD 1945 pasal 33 ayat 1, yang menyatakan bahwa perekonomian Indonesia disusun sebagai usaha bersama, bangun usaha yang sesuai dengan itu adalah Koperasi.

Koperasi berasal dari kata co dan operation yang mengandung arti bekerja sama untuk mencapai tujuan. Jadi koperasi adalah suatu bentuk usaha dalam bidang ekonomi untuk kesejahteraan anggota,berdasar swasembada dan gotong royong.Dari pengertian koperasi tersebut jelaslah koperasi merupakan perkumpulan orang-orang yang mengakui adanya kebutuhan tertentu yang sama dikalangan mereka.

Kebutuhan yang sama ini secara bersama-sama diusahakan pemenuhanya melalui usaha bersama dalam koperasi.Orang-orang atau badan hukum koperasi tersebut bergabung dengan sukarela ,atas kesadaran akan adanya kebutuhan bersama ,sehingga dalam koperasi tidak ada unsur paksaan ,ancaman atau campuran dari pihak lain.

Apa Saja yang diterapkam Team KKN  66 UNUSA  2021 di pondok pesantren 

Dok. Pribadi 

Dalam memenuhi kebutuhan koperasi serta meningkatkan sumberdaya manusia dan Sumber daya Alam pada Koperasi maka team KKN 66 UNUSA 2021 menerapkan perinsip Menggandeng dan Menggendong untuk diterapkan di asrama tersebut, Menggandeng dalam artian PONPES bisa menggandeng toko-toko tradisional yang ada di sekitar pondok sehingga produk-produk yang dipasarkan oleh toko juga bisa dipasarkan oleh PONPES, Sedangkan menggendong PONPES bisa mengendong para Masyarakat yang memiliki home industri untuk dipasarkan di PONPES hal ini akan mempercepat roda penjualan serta lebih luasnya jangkauan Pasar yang potensial maupun non potensial

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline