Lihat ke Halaman Asli

Kirab Masal TK/RA dan PAUD Se-Desa Glundengan dalam Memperingati Satu Muharram

Diperbarui: 14 Agustus 2023   12:42

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Kegiatan Santunan anak yatim (Dokpri)

5 Agustus 2023. Bulan Agustus ini memasuki bulan kemeriahan. Di samping memperingati bulan kelahiran tanah air, dalam kalender islam telah memasuki bulan Muharram. Sehingga mayoritas masyarakat islam memperingatinya dengan berbagai macam kegiatan. Salah satunya yakni di Desa Glundengan Kecamatan Wuluhan. Masyarakat antusias memperingatinya dengan kegiatan kirab TK/RA dan PAUD Se-Desa Glundengan dan juga santunan anak yatim. Acara ini diikuti dengan jumlah 10 TK/RA dan PAUD. Peserta memeriahkannya dengan memakai baju muslim berwarna putih.  

Acara kirab Muharram dan santunan anak yatim dihadiri oleh bapak/ibu kepala desa Glundengan, Ketua IGTKI Kecamatan Wuluhan, ketua gugus, kepala sekolah dan ibu guru TK/RA dan PAUD desa Glundengan, Wali murid, siswa siswi TK/RA PAUD, beserta beberapa perangkat desa yang hadir dalam acara tersebut.

Kegiatan kirab ini diawali pada pukul 07.00 WIB di lapangan desa Glundengan dengan pembukaan berupa pelaksanaan ice breaking yang dipimpin oleh perwakilan guru TK/RA. Selanjutnya MC (Master Of Ceremony) membacakan serangkaian acara kirab. Acara pertama yaitu pembukaan, dilanjutkan dengan sambutan yang disampaikan oleh ibu kepala desa sekaligus ketua PKK Desa Glundengan (Ibu Nening Susana), dan yang terakhir penutup serta dibukanya jalannya prosesi kirab masal TK/RA dan PAUD desa Glundengan. Rute perjalanan kirab diawali dari lapangan dan finish di balai desa Glundengan yang diamankan oleh Babinsa desa Glundengan. Pada saat perjalanan kirab, adek-adek TK/RA dan PAUD berjalanan dengan tertib, bernyanyi dan membawa atribut seperti balon, bendera dan banner, raut wajah adik-adik TK/RA dan PAUD sama sekali tidak menunjukkan kelelahan, mereka sangat menikmati perjalanan kirab yang diiringi dengan hadrah. Sepanjang perjalanan kirab TK/RA, PAUD bernyanyi dengan gembira dipimpin oleh ibu guru TK.

Sesampainya di balai desa, adik-adik TK/RA dan PAUD yang didampingi oleh ibu guru melakukan sesi foto Bersama yang dilakukan oleh rekan-rekan mahasiswa KKN Kolaboratif Kelompok 031. Setelahnya, dipersilakan untuk duduk yang telah disediakan di pendopo balai desa, dimulai dengan makan bersama. Acara di pendopo balai desa, diawali dengan pembukaan yang dibuka oleh MC dan membacakan susunan acara dengan runtut. Acara selanjutnya, sambutan-sambutan oleh ketua panitia yakni ibu Fitria Nurhasanah dan sambutan yang kedua disampaikan oleh bapak kepala desa Bapak Wawan Erwana. Memasuki pada acara inti, santunan anak yatim yang diiringi dengan solawat nabi. Sebanyak 10 anak yatim mendapatkan santunan yang diberi oleh beberapa hamba Allah, acara tersebut diiringi solawat nabi dan berjalan dengan khidmat. Setelahnya, memasuki acara yang terakhir penutup beserta doa yang dipimpin oleh ibu Indah Maruti.

Acara kirab dan santunan anak yatim telah berjalan dengan lancar dan sangat khidmat. Siswa siswi dari TK/RA maupun PAUD, ibu pendamping murid, serta ibu guru menikmati acara tersebut dengan hati senang. 




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline