Lihat ke Halaman Asli

Sosialisasi tentang Kesehatan Gigi dan Mulut

Diperbarui: 14 Agustus 2023   10:34

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Dokpri

Mahasiswa Universitas Jember, Universitas Muhammadiyah Jember, dan Universitas Islam Jember yang tergabung dalam Kelompok Kuliah Kerja Nyata Kolaboratif (KKN-K) 031 di desa Glundengan, Kecamatan Wuluhan, Kabupaten Jember. Melakukan salah satu program kerjanya yaitu Sosialisasi Tentang Kesehatan Gigi Dan Mulut di SDN Glundengan 03 pada hari Kamis, 10 Agustus 2023.

Kegiatan ini bertujuan untuk memberikan pengetahuan dasar kepada para siswa khususnya kelas 1 yang berjumlah 22 dan kelas 2 berjumah 16 tentang pentingnya menjaga kebersihan gigi dan mulut sejak dini. Dalam kegiatan tersebut para mahasiswa KKN-K menyampaikan materi dengan cara yang interaktif dan menarik bagi anak-anak. Mereka juga mendemonstrasikan cara menggosok gigi yang baik dan benar. Selain itu para siswa juga diajak untuk berpartisipasi dalam permainan edukatif yang mengajarkan tentang makanan dan minuman yang baik untuk kesehatan gigi.

Dokpri

Mahasiswa KKN-K juga memberikan contoh praktik menggosok gigi yang baik dan benar dengan mengajarkan langkah-langkah menggosok gigi yang tepat serta penggunaan pasta gigi yang sesuai. Mereka juga memberikan tips sederhana tentang menjaga kebersihan mulut, seperti menghindari makanan manis berlebihan dan berkumur setelah makan.

Dalam acara tersebut diakhiri dengan sesi tanya jawab, dimana siswa-siswa memiliki kesempatan untuk bertanya tentang perawatan gigi dan mulut yang benar kepada mahasiswa.

Kegiatan sosialisasi ini mendapatkan sambutan positif dari pihak sekolah dan orang tua siswa. Mereka mengapresiasi upaya mahasiswa KKN-K dalam memberikan edukasi kesehatan yang praktis dan bermanfaat bagi generasi muda.

"Kami sangat berterima kasih atas kegiatan sosialisasi ini. Anak-anak mendapatkan pembelajaran yang bermanfaat dan akan membawa dampak positif dalam jangka panjang." Ujar Kepala Sekolah SDN Glundengan 03.

Dengan memberikan sosialisasi kesehatan gigi dan mulut kepada anak-anak, kami berharap pesan-pesan tersebut dapat diserap sejak dini dan menjadi kebiasaan yang baik dalam hidup mereka. Kesehatan gigi yang baik akan berdampak positif pada kesehatan tubuh secara keseluruhan.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline