Lihat ke Halaman Asli

Damanhuri Ahmad

Bekerja dan beramal

Zikir dan Doa Bersama 13 Tahun Gempa 2009, Memecah Kesunyian Lubuk Laweh

Diperbarui: 1 Oktober 2022   12:32

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Zikir dan doa bersama di komplek tugu gempa Lubuk Laweh. (foto dok damanhuri)

Puluhan masyarakat Lubuk Laweh menggelar zikir dan doa bersama, Jumat (30/9/2022). Dipimpin seorang alim ulama, zikir mengenang 13 tahun gempa besar 2009 itu, dihadiri Wabup Padang Pariaman Rahmang.

Zikir dilakukan di komplek tugu gempa. Bagi masyarakat Lubuk Laweh, gempa 2009 adalah sejarah kelam. Bencana paling besar sepanjang sejarah tentunya.

Ratusan nyawa melayang akibat gempa yang disertai longsor yang terjadi Rabu 30 September 2009 petang.

Banyak korban yang tidak bisa lagi ditemukan, akhirnya dibuat kuburan masal. Bekas timbunan longsong itu dijadikan tempat kuburan banyak orang.

Jumat petang kemarin, tepat 13 tahun peristiwa naas itu menimpa masyarakat. Lubuk Laweh dan Tandikek secara umum tak pernah henti memperingati kejadian itu.

Wabup Rahmang foto bersama di depan tugu gempa Lubuk Laweh. (foto dok damanhuri)

Sungguh luar biasa. Kalimat thaibah berkumandang, zikir bersama mewarnai kesunyian Lubuk Laweh petang sehabis Jumat itu.

Kampung yang terletak di lembah yang di kelilingi bukit dan Gunuang Tigo itu jadi sunyi dan sepi sejak peristiwa 13 tahun tersebut.

Hanya desauan air sungai yang mengalir deras, yang disertai tingkah nyanyian burung berkicau, sehingga zikir dan doa bersama terasa khusuk dan khidmat.

Tunggu gempa yang dibangun sejak setahun pascagempa, masih tegak kokoh. Meskipun cat warna tugu yang tidak tinggi mulai hilang karena acap kena hujan panas, tetap menjadi ingatan yang luar biasa.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline