Lihat ke Halaman Asli

Upaya Peningkatan Hasil Belajar Peserta Didik Kelas V SD Negeri 214 Palembang Materi PPKn Menggunakan Model Examples Non Examples

Diperbarui: 6 Desember 2023   14:25

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Dokumen Pribadi

Upaya Peningkatan Hasil Belajar Peserta Didik Kelas V SD Negeri 214 Palembang Muatan Pelajaran PPKn Materi Nilai-Nilai Pancasila Menggunakan Model Examples Non Examples
ISRAN
S1 PGSD
isranratena@gmail.com

Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan merupakan salah satu muatan pelejaran kurikulum 2013 pada tingkat SD. PPKn memiliki misi yang harus diemban, salah satuya sebagai pendidikan dasar untuk mendidik warga negara agar mampu berpikir kritis, kreatif, mengkritisi dan mengembangkan pikiran. Menurut Ariani dan Susantim (2010:18) kewarganegaraan merupakan materi yang memfokuskan pada pembentukan diri yang beragam, baik dari segi agama, Sosio- cultural, bahasa usia dan suku bangsa untuk menjadi warga negara Indonesia yang cerdas, terampil dan berkarakter. Menurut Depdiknas 2005 dalam Janah (2009:3) Pendidikan Kewarganegaraan merupakan mata pelajaran yang secara umum bertujuan untuk mengembangkan potensi individu warga negara Indonesia, sehingga memiliki wawasan, sikap, dan keterampilan kewarganegaraan yang memadai dan memungkinkan untuk berpartisipasi secara cerdas dan bertanggung jawab dalam berbagai kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara. 

Model pembelajaran dengan menekankan pembelajaran lebih menekannkan pada peserta didik dibutuhkan model pembelajaran yang tepat dalam Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, salah satu model yang sudah terbukti hasilnya bisa meningkatkan hasil belajar peserta didik adalah model Examples Non Examples. Penelitian yang sudah saya lakukan pada peserta didik kelas V SD Negeri 214 Palembang pada muatan pelajaran PPKn materi nilai-nilai pancasila dengan melakukan siklus pembelajaran sebanyak 2 kali. Pelaksanaan siklus I masih ada deskriptor yang belum muncul sehingga dilanjutkan dengan siklus II. Pada siklus II, semua deskriptor telah muncul sehingga hasil penelitian dapat dikatakn sudah mengalami peningkatan pada proses pembelajaran.

Kata Kunci: Penelitian Tindakan Kelas, Examples Non Examples, Proses dan Hasil Belajar




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline