Lihat ke Halaman Asli

Damaika Cocktail

Sebuah Seni Untuk Bersikap Bodoamat

Ikan Channa, Ikan Pembawa Berkah bagi Para Penghobi

Diperbarui: 27 April 2021   11:22

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Dokpri

Ikan channa atau yang lebih awal di kenal dengan ikan gabus merupakan ikan, yang cukup tidak asing di telinga jika kita mendengan nama ikan Gabus. Namun siapa sangka ikan yang satu ini justru malah memiliki daya tarik yang cukup tinggi.

Tak usah ditanyakan lagi, dengan naik daunya ikan channa ini harga ikan ini melonjak deratis untuk beberapa ikan channa dengan jenis jenis ikan tertentu, warna yang khas serta proses treatmen yang dilakukan ini menjadi tantangan sendiri bagai para pemelihara ikan ini atau yang bisa di sebut kepper channa. Proses yang di lalui atau cara treatmen yang di lakukan oleh kepper menentukan bagaimana keberhasilan warna total ikan bisa muncul. Semakin kualitas ikan bagus semakin mahal pula harganya.

Harga yang di patok di pasaran untuk jenis ikan Channa Maru, atau channa yang merupakan indemik daerah kalimantan ini lumayan cukup mahal. Untuk baby ukuran 6-15cm bisa di patok harga mencapai 100ribu - jutaan tergantung bagaimana kualitas ikan yang di peroleh.

Banayak sekali breder yang berjualan ikan channa ini hingga mengirimnya keluar kota, keluar kota jogjakarta, seperti, Bandung, Surabaya, Semarang dan sekitarnmya. Karena harga di pasaran luar kota jauh lebih mahal di bandingkan di jogjakarta sendiri, itu di sebabkan oleh banyaknya peminat ikan predator yang satu ini.

Jenis ikan ini adalah ikan air tawar, ikan channa atau gabus ini banyak tersebar di berbagai belahan dunia, dan warna yang di hasilkan pun berbeda. Channa maru yang berasal dari Kalimantan, Channa barca yang berasal dari kota india, Channa Pulcra berasal dari kota cina dan masih banyak sekali jenis channa yang ada di alam liar. Tidak di sangka ikan lokal Channa Limbata juga menjadi primadona yang cukup hits di psaran channa ini berasal dari daerah jawa tengah. Siklus hidup channa ini adalah di air tawar, biasnya menenmpati sungai sungai atau rawa yang minim arus, meraka lebih suka berdiam doi dalam air menunggu mangsa, namun tingkat agresifitasan ikan ini sangatlah tinggi. Tak kalah dengan ikan predator lainya yang memiliki nilai jual lebih tinggi di banding ikan Channa lainya. Jadi sekarang setelah kalian membaca artikel ini apakah kalian tertarik?.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline