Lihat ke Halaman Asli

Lagumu dan Laguku yang Hidup karena Harmoni, Stuktur dan Ekspresi

Diperbarui: 26 Juni 2015   10:18

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Gadget. Sumber ilustrasi: PEXELS/ThisIsEngineering

Lagumu dan Laguku yang Hidup karena Harmoni, Stuktur dan Ekspresi

Bayangkan apakah yang akan terjadi atau apa yang akan timbul di dalam hati kita, bila kita mendengar suatu lagu atau musik yang dibunyikan atau dinyanyikan tanpa harmoni dan tanpa ekspresi???? Bukankah lagu dan musik itu akan terasa tidak hidup bin monoton????

Hal di atas kemarin terlihat pada saat anak-anak PGSD melakukan ujian mulai dari membaca not, menyanyi, bermain musik sampai mengaransemen not meskipun hanya beberapa frase…yang dilakukan tanpa harmoni dan ekspresi tanpa dimasukkan pula pula hati dan “sense of music”…..hanya pikiran yang bergerak…maka lagu itu terasa tidak hidup.

Dari ilustrasi diatas, kita dapat membuat kesimpulan bahwa harmoni dan ekspresi dalam sebuah lagu sangat penting selain “rasa” yang baik juga dalam bermusik.

Sekarang akan kita uraikan, apakah harmoni itu…karena dari diatas, kata ini sudah beberapa kalimuncul. Harmoni dalam musik adalah paduan nada yaitu paduan bunyi nyanyian atau permainan musik yang menggunakan dua nada atau lebih yang berbeda tinggi nadanya dan dibunyikan secara serempak. Yang menjadi dasar dari suatu harmoni adalah akor (susunan yang terdiri 3 nada (trinada) atau lebih yang dibunyikan secara bersama.

Kemampuan harmoni dapat dikembangkan dengan latihan yang terus menerus dengan bermain musik, berlatih menyusun aransemen musik dari tingkat sederhana sampai tingkat lanjut dan juga bernyanyi.

Selanjutnya hal yang perlu kita perhatikan untuk menghidupkan lagu selain harmoni adalah struktur dari lagu itu sendiri. Struktur lagu ini merupakan hubungan antar unsur musik dalam suatu lagu sehingga menghasilkan komposisi lagu yang bermakna. Begitu juga tekstur suatu lagu yang berupa penggabungan unsur-unsur musik melodi dan harmoni yang menghasilkan mutu suara.

Faktor pelengkap “penghidup suatu lagu” yang selanjutnya yaitu ekspresi. Suatu lagu yang diungkapkan dengan ekspresi yang tidak jelas akan ikut menjadi tidak jelas maknanya. Ekspresi dalam musik adalah ungkapan pikiran dan perasaan yang mencakup semua nuansa yaitu tempo, dinamik dan warna nada dari unsur-unsur pokok musik dalam pengelompokan frase yang diwujudkan oleh seniman musik atau penyanyi untuk disampaikan pada pendengarnya.

Suatu musik atau lagu akan menjadi hidup, bergairah dan harmonis bila didalamnya tersusun suatu harmoni, struktur lagu yang jelas dan ekspresi yang mengungkapkan pikiran dan perasaan si penyanyi atau si pemain musik.

Itulah tadi sekelumit tentang harmoni, struktur dan ekspresi dalam suatu lagu atau musik. Hal terpenting yang perlu kita ingat atau dapat kita pelajari adalah pentingnya berlatih dengan tekun dan menggunakan hati saat menyanyi atau bermain musik sehingga kita bisa menghayati dan menyampaikan pesan dari suatu lagu. Jadi hidupkanlah laguku dan lagumu dengan harmoni, struktur lagu yang jelas dan ekspresi yang tepat……….

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H



BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline