Lihat ke Halaman Asli

Pelaksanaan Survey Kepuasan Masyarakat dalam Proses Recruitment Calon Brigadir Polisi di Polda Riau

Diperbarui: 26 Juni 2015   12:52

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Bagikan ide kreativitasmu dalam bentuk konten di Kompasiana | Sumber gambar: Freepik

Kamis, 23 September 2010

Subbag Diapers : Pelaksanaan survey kepuasan masyarakat dalam proses recruitment calon Brigadir Polisi di Polda Riau.

Berdasarkan Keputusan Menpan RI Nomor : Kep/25//M.PAN/2/2004 tanggal 24 Pebruari 2004 tentang Pedoman umum penyusunan indeks kepuasan masyarakat unit pelayanan instansi pemerintah dan Keputusan Kapolda Riau Nomor : Kep/222/IX/2010 tanggal 3 September 2010 tentang Pedoman penerimaan Calon Brigadir Polisi di Polda Riau.


Biro Personel Polda Riau telah melaksanakan survey kepuasan masyarakat yang dilaksanakan pada tanggal 24 s/d 26 Agustus 2010 bertempat di lembaga-lembaga pendidikan Polri yang sedang mendidik siswa Brigadir Polisi TA. 2010 asal pengiriman Polda Riau, yaitu :


  • Pusdik Brimob Lemdiklat Polri di Watukosek Pasuruan sebanyak 10 (sepuluh) orang.
  • Pusdik Reskrim Lemdiklat POlri di Megamendung Bogor sebanyak 15 (lima belas) orang.
  • Sepolwan Lemdiklat Polri di Ciputat sebanyak 13 (tiga belas) orang.
  • SPN Betung Polda Sumsel sebanyak 73 (tujuh puluh tiga) orang.


Unit pelayanan yang disurvey adalah unit-unit pelayanan yang melaksanakan proses pemeriksaan / pengujian dalam recruitment calon Brigadir Polisi TA.2010 di Polda Riau yaitu unit pemeriksaan administrasi, unit pemeriksaan kesehatan, unit pengujian psikologi, unit pengujian akademik dan unit pengujian kesemaptaan jasmani. Unsur indeks kepuasan masyarakat yang diukur adalah  sebagai berikut :


  • Prosedur pelayanan
  • Persyaratan pelayanan
  • Kejelasan petugas pelayanan
  • Disiplin petugas pelayanan
  • Tanggung jawab petugas pelayanan
  • Kemampuan petugas pelayanan
  • Kecepatan pelayanan
  • Keadilan mendapatkan pelayanan
  • Kesopanan dan keramahan petugas pelayanan
  • Transparansi dalam proses pengujian, pemeriksaa dan penilaian
  • Adanya indikasi KKN dalam proses pelayanan
  • Ketepatan / kepastian waktu sesuai jadwal
  • Kenyamanan lingkungan
  • Keamanan pelayanan


Dari hasil survey kepuasan masyarakat total nilai interval konversi dari indeks kepuasan masyarakat dan kualitas kinerja unit-unit pelayanan kepolisian kepada masyarakat dalam proses recruitment / penerimaan calon Brigadir Polisi TA.2010 di Polda Riau dikatagorikan : BAIK dengan nilai yang diperoleh adalah : 78,00

Follow Instagram @kompasianacom juga Tiktok @kompasiana biar nggak ketinggalan event seru komunitas dan tips dapat cuan dari Kompasiana
Baca juga cerita inspiratif langsung dari smartphone kamu dengan bergabung di WhatsApp Channel Kompasiana di SINI




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline