Sistem Pengendalian Manajemen "PT. Mayora Indah Tbk"
Sistem pengendalian manajemen adalah suatu proses yang menjamin bahwa sumber-sumber diperoleh dan digunakan dengan efektif dan efisien dalam rangka pencapaian tujuan organisasi., dengan kata lain pengendalian manajemen dapat diartikan sebagai proses untuk menjamin bahwa sumber manusia, fisik dan teknologi dialokasikan agar mencapai tujuan organisasi secara menyeluruh. Pengendalian manajemen berhubungan dengan arah kegiatan manajemen sesuai dengan garis besar pedoman yang sudah ditentukan dalam proses perencanaan strategi. Oleh karena itu Sistem pengendalian manajemen adalah kesatuan pemikiran dari metode akuntansi manajemen untuk mengumpulkan dan melaporkan data serta mengevaluasi kinerja perusahaan.
Salah satu perusahaan yang menerapkan sistem pengendalian manajemen yaitu PT Mayora Indah Tbk. PT Mayora Indah Tbk merupakan perusahaan yang bergerak pada bidang makanan dan minuman yang berbasis di Indonesia. Sistem pengendalian manajemen yang diterapkan oleh perusahaan ini bertujuan untuk mengoptimalkan kinerja perusahaan, mengendalikan risiko, dan mencapai tujuan perusahaan secara efektif.
Profil Sejarah Singkat PT. Mayora Indah Tbk
PT. Mayora Indah Tbk. (Perseroan) didirikan pada tahun 1977 dengan pabrik pertama berlokasi di Tangerang dengan target market wilayah Jakarta dan sekitarnya. PT. Mayora Indah Tbk mulai beroperasi secara komersial pada Mei 1978. Setelah mampu memenuhi pasar Indonesia, Perseroan melakukan Penawaran Umum Perdana dan menjadi perusahaan publik pada tahun 1990 dengan target market; konsumen Asean. Kemudian melebarkan pangsa pasamya ke negara negara di Asia. Saat ini produk Perseroan telah tersebar di 5 benua di dunia.
Tahun 1990 sampai sekarang perseroan ini sudah menjadi perusahaan go publik. Sebagai salah satu Fast Moving Consumer Goods Companies, PT. Mayora Indah Tbk telah membuktikan dirinya sebagai salah satu produsen makanan berkualitas tinggi dan telah mendapatkan banyak penghargaan, diantaranya adalah "Top Five Best Managed Companies in Indonesia" dari Asia Money, "Top 100 Exporter Companies in Indonesia" dari majalah Swa, "Top 100 public listed companies" dari majalah Investor Indonesia, "Best Manufacturer of Halal Products" dari Majelis Ulama Indonesia, dan banyak lagi penghargaan lainnya.
Visi:
Menjadi produsen makanan dan minuman yang berkualitas dan terpercaya di mata konsumen domestik maupun internasional dan menguasai pangsa pasar terbesar dalam kategori produk sejenis.
Misi:
Dapat memperoleh Laba Bersih Operasi diatas rata rata industri dan memberikan value added yang baik bagi seluruh stakeholders Perseroan.
- Dapat memberikan kontribusi positif terhadap lingkungan dan negara dimana Perseroan berada.
Tujuan
- Meningkatkan laba bersih oprasi diatas rata-rata industry.
- Memberikan nilai tambah yang baik bagi seluruh stakeholders perusahaan.
- Memberikan kontribusi positif terhadap lingkungan dan negara dimana perusahaan beroprasi.
Kerangka Konseptual Sistem Pengendalian Perencanaan dan Pengendalian Manajemen
Penggunaan kerangka konseptual dalam PT. Mayora Tbk untuk meningkatkan keuntungan melalui digitalisasi strategis pemasaran mereka: