Lihat ke Halaman Asli

Dalizone

Hanya seorang yang selalu berada di perjalanan hidup

Recycle

Diperbarui: 8 Juni 2023   21:01

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Cerbung. Sumber ilustrasi: pixabay.com/Yuri B

Kota Terdampak

Tahun 2050 dunia telah berubah dengan cara yang tak terbayangkan.peradaban manusia telah mencapai tingkat kemajuan teknologi yang luar biasa. Namun juga membawa konsekuensi yang sangat besar terhadap lingkungan alam. Alam semakin terdegradasi, dan bumi telah berubah menjadi kering, tandus dan penuh polusi.

Dalam kegelapan yang menutupi langit Citrapolis, suara gemuruh mesin dan kabut beracun memenuhi udara yang seharusnya segar. Bangunan tinggi menjulang ke langit, mengabaikan keberadaan tanaman hijau yang hampir punah. Teknologi menjadi pusat kehidupan manusia, dengan komputer cerdas dan robot yang mengambil alih sebagian besar pekerjaan.

Namun di tengah kekacauan ini, masih ada sekelompok orang yang terus berjuang untuk menyelamatkan lingkungan dan menjaga keseimbangan alam. Mereka adalah para aktivis lingkungan yang membentuk kelompok yang dikenal sebagai "Penjaga Harmoni".

Penjaga Harmoni didirikan oleh Tomas. Selain penggagas adanya Penjaga Harmoni, Tomas adalah pemimpin yang penuh dedikasi. Tekadnya untuk memperbaiki lingkungan yang telah rusak tidak pernah padam. Tekadnya kini ia wariskanke generasi berikutnya. Salah satu anggota Penjaga Harmoni yang penuh semangat dan juga berdedikasi adalah Qinan. Dia adalah ilmuwan muda yang memiliki pengetahuan yang mendalam tentang ekosistem dan kerusakan yang terjadi pada bumi. Sejak kecil, ia telah melihat dampak negatif dari kemajuan teknologi tanpa batas, dan dia berjanji untuk melakukan segala yang dia bisa untuk mengubah keadaan.

Qinan adalah seorang perempuan yang pemberani dan tidak kenal takut. Dia percaya bahwa ada harapan untuk memperbaiki kerusakan yang terjadi di bumi, asalkan semua orang bersatu dan bergerak ke arah yang sama. Dengan semangatnya yang menyala-nyala, Qinan berkeliling dunia, mengunjungi tempat-tempat yang pelaing terdampak dan mencoba memahami apa yang harus dilakukan.

#

Qinan memandang ke luar jendela bus dengan penuh kekaguman. Di hadapannya terhampar pemandangan yang luar biasa. Kota Nikompolis, kota yang terletak di sebelah timur Citrapolis adalah kota yang paling terkenal sebagai kota dengan perkembangan teknologi terbesar di seluruh dunia. Bangunan megah, layar digital yang besar, dan pesawat terbang tanpa awak mewarnai langit kota yang semarak ini.

Namun, di balik cemerlangnya kemajuan teknologi, ada harga yang harus dibayar. Qinan dan kelima temannya, Andra, Maya, Ragil, Yudha dan Ayu, telah memutuskan untuk melakukan perjalanan di kota ini dengan tujuan untuk meneliti dampak perkembangan teknologi terhadap lingkungan. Sebagai ilmuwan muda dan juga mahasiswa lingkungan hidup, Qinan telah belajar banyak tentang efek negatif yang ditimbulkan oleh perkembangan teknologi yang tidak terkendali. Dia ingin menyampaikan pesan penting ini kepada orang-orang, terutama kepada teman-temannya yang berada di sekitarnya.

Bus yang membawa Qinan berhenti. Mereka turun di tengah keramaian kota. Qinan merasa tercengang melihat semuanya. Ia melihat betapa pemakaian energi besar-besaran  dan konsumsi sumber daya yang tidak terbatas telah mengubah wajah kota ini. Gedung pemancar langit menghabiskan begitu banyak listrik dan memancarkan polusi melalui cerobong asap mereka. Tanah yang subur kini tergantikan oleh aspal dan beton.

Qinan bersama kelima temannya berjalan menyusuri jalan-jalan kota, mengamati segala hal di sekitarnya. Mereka melihat orang-orang yang sibuk melihat gadget canggih, terhubung dengan dunia maya tanpa henti. Qinan merasa sedih melihat betapa ketergantungannya manusia dengan pada teknologi yang telah mengabaikan hubungan mereka dengan alam. Ia bertanya-tanya, apakah ada harapan untuk membalikkan situasi ini.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline