Lihat ke Halaman Asli

Peluang Perdagangan Bebas Menuju Indonesia Maju

Diperbarui: 29 Mei 2020   09:31

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ekonomi. Sumber ilustrasi: PEXELS/Caruizp

Banyak warga Indonesia yang masih bingung dengan adanya perdagangan bebas. Dengan demikian, perdagangan bebas dikenal sebagai perdagangan bebas antar negara dan juga merupakan interaksi perdagangan bagi negara-negara yang telah menyepakati untuk melakukan ekspor-impor secara leluasa. Begitu juga tidak ada batasan dalam memproduksi barang secara besar-besaran  dan menjual kemana saja negara yang akan dituju. Dalam sistem yang dilakukanya juga mudah, cepat dan tidak adanya pajak yang diminta untuk setiap barang atau produk yang dikirim.

            Sebagai warga negara Indonesia khususnya bagi pemuda pemudi rasa optimisme terhadap permasalahan yang muncul dalam negeri ini mutlak harus selalu kita tanamkan dalam sanubari hati kita yang paling dalam. Memang begitu banyak polemik yang sering muncul dan terjadi, tapi buktinya Indonesia masih terus melangkah ke garda yang paling depan. Peluang itu besar tercipta karena Indonesia di lihat oleh negara lain, khususnya kawasan ASEAN, sebagai negara yang memiliki karakter good faith, yakni dapat dipercaya dalam perundingan-perundingan.

Bagi masyarakat yang telah, sedang dan  akan berwirausaha berlomba-lomba satu sama lain untuk menghasilkan banyak barang,jasa,untuk mengikuti persaingan yang secara global.Masalah,plomik yang sedang terjadi di Indonesia bisa dijadikan kesempatan. Jika telah ada yang mendapat keuntungan adalah rezeki sedangkan jika masalah, peluang dan rezeki disatukan Indonesia akan lebih jaya.  Perdangangan bebas juga memiliki banyak keuntungan bagi negara Indonesia diantaranya : Indonesia salah satu negara dengan memiliki kekayaan sumber daya alam yang berlimpah, sehingga untuk menciptakan hal barudari alam Indonesia akan semakin banyak, karena orang-orang akan lebih kreatif dan inovatif dalam menghadapi persaingan secara global  ;Timbul rasa bersaing untuk memproduksi barang, dengan banyak nya produk yang masuk ke dalam negeri akan timbul rasa bersaing kepada para wirausaha di Indonesia sehingga akan tercipta wirausaha yang lebih inovatif ;Harga produk dari negara lain sangat murah, melihat yang sudah terjadi bahwasanya harga dari luar untuk sebuah produk akan lebih murah sehingga para wirausaha akan mendapatkan investor agar bisa lebih memproduksi produknya ;Menambah lapangan pekerjaan bagi masyarakat Indonesia .

Disamping peluang tersebut segala  kesiapan dan tantangan yang akan muncul ketika itu harus benar-benar di hadapi dengan baik sehingga tidak terjadi adanya pengaruh yang mengakibatkan keadaan perekonomian Indonesia.

Dengan adanya kerjasama yang baik antar negara oleh setiap perusahaan, pemerintah, masyarakat maka akan menjadi sesuatu yang menguntungkan bagi Indonesia. Pemerintah akan terus mendorong sector industry, khususnya industry dengan teknologi tinggi, tumbuh kembang sehingga memiliki nilai tambah yang lebih baik lagi. Perdagangan bebas juga diharapkan menjadi pintu bagi Indonesia untuk memperluas pasar ekspor dan menyerap semakin banyak investasi.

Semoga  negara tercinta yaitu Indonesia ini selalu kita jaga terus dan bangun terus kesiapan kita dalam menghadapi beberapa polemic-polemik yang datang , apabila sector industry kita maju berkat investasi yang masuk, ini  merupakan peluang bagi tumbuhnya industry baru.

Dengan begitu,  kita harus terus mencermati berbagai perkembangan dan tantangan dengan membangun beberapa persiapan yang harus dilakukan oleh Indonesia sehingga kita dapat mengambil peluang yang menguntungkan bagi Indonesia.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline