Lihat ke Halaman Asli

Dainsyah Dain

Chief Education Officer

Sekolah, Berubah!

Diperbarui: 1 Juni 2020   04:00

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

panen nyata kangkung hidroponik di atap sekolah. foto koleksi pribadi

Sekolah masa depan bukanlah bangunan, melainkan budaya pengembangan kompetensi, budaya pedagogis yang memiliki peran aktif dalam proses pengembangan masyarakat informasi. 

Sekolah dan lembaga pendidikan membutuhkan pengembangan pedagogi yang komprehensif dan kepemimpinan pedagogis yang baru; ini membutuhkan perubahan sistemik dalam budaya operasional. Perubahan hanya dapat dilakukan dengan memastikan bahwa kepemimpinan pedagogis berorientasi aktif ke masa depan.

Kunci untuk mengubah budaya operasional adalah kepemimpinan. Kepemimpinan berkomitmen pada nilai-nilai organisasi, visi, strategi dan budaya diskusi, di antara hal-hal lain yang bersifat program dan teknis. 

Bersama-sama, faktor-faktor ini menentukan kemampuan organisasi untuk merespons tantangan dalam masyarakat dan memperbarui diri terus menerus dalam menjawab tantangan tersebut. 

Tanpa kepemimpinan yang tepat, mengubah dan mengembangkan budaya operasional tidak mungkin dilakukan. Dalam hal itu, menanamkan metode baru dan hasil pengembangan sebagai bagian dari kehidupan sehari-hari di sekolah atau organisasi menjadi sulit. Kepemimpinan sekolah harus berorientasi pada masa depan dan bersifat sistemik.

Diperlukan perubahan pedagogis, karena keterampilan yang dibutuhkan peserta didik dalam masyarakat dan kehidupan kerja di masa depan telah berubah. 

Pengetahuan kita tentang bagaimana manusia belajar juga telah meningkat pesat dalam beberapa dekade terakhir - tetapi pedagogi, praktik mengajar, dan struktur sekolah belum berkembang. 

Mengajar dan guru dengan mudah menjadi sasaran dan nilai dalam diri mereka sendiri, ketika belajar dan peserta didik harus menjadi tujuan akhir di tengah panggung. Perubahan pedagogi terkait dengan konsep pembelajaran organisasi dan guru - pada kenyataannya, perubahan besar dalam pemikiran dituntut dari para guru.

Mengembangkan lingkungan belajar di masa depan

Lingkungan belajar modern mendukung pertumbuhan, pembelajaran, dan pengarahan diri peserta didik dan memberi mereka kesempatan untuk menetapkan tujuan mereka sendiri dan menilai kegiatan. 

Peralatan dalam lingkungan belajar mendukung perkembangan peserta didik sebagai anggota masyarakat informasi modern, dan memungkinkan penggunaan komputer, teknologi media lainnya dan jaringan informasi, mempromosikan kegiatan kolaboratif peserta didik, pengarahan diri sendiri, kreativitas dan inovasi.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline