Lihat ke Halaman Asli

Dailymonthly

Just Another Blog

Lembaga Penyiaran, Generasi Bangsa Terancam

Diperbarui: 4 April 2019   00:47

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Unsplash

Sepanjang tahun 2018 tim dari KPI mendeteksi sekitar 33.802 scene program yang berpotensi melanggar dari 15 televisi nasional, KPI juga menerima 4.377 pengaduan masyarakat. ( sumber: kpi.go.id )

Dari data tersebut membuat saya bertanya-tanya pada diri saya sendiri  "Apakah sanksi yang diberikan KPI tidak membuat lembaga penyiaran jerah ? Ah.. mungkin "tidak" karena mereka lebih mementingkan rating.

Bagi generasi bangsa ini adalah bahaya yang sudah di depan mata.    Beberapa pelanggaran yang sering adalah program yang menayangkan kekerasan,pelecehan dan penghinaan martabat manusia. 

Program Realitas

Progaram direkayasa seolah-olah nyata padahal hanya settingan. Program itu di buat dengan tujuan menciptakan konflik sehingga menarik perhatian penonton. Mereka dapat mengendalikan emosi melalui adegan rekayasa yang bersifat konflik seperti perselingkungan, kecemburuan, kekerasan, kriminalitas dll. *Secara psikologis jika seseorang mempercayai sesuatu yang tidak benar, alam bawah sadar akan bertindak berdasarkan apa yang dilihat apalagi jika hal tersebut bersifat negatif.*

Program kriminal

Program kriminal biasanya menayangkan penangkapan dan razia di jalan-jalan. Memang program ini terlihat menarik karena menampilkan aksi dari pihak yang berwajib mulai dari razia ,penangkapan dan kejar-kejaran dengan *penjahat.

Pihak-pihak terkait sibuk dengan aksinya kadang melanggar masuk rumah dan menggeledah barang pribadi orang-orang. Ingat, kadang orang-orang ini hanya secara acak kena razia, tetapi kenapa memeriksa barang yang merupakan privasi (seprti handphone ) dan tidak memeberitahu hak-hak *tersangka. Program kriminal ini tampaknya mengurangi kesadaran masayarakat akan hak-hak konstitusional.
*Apakah program ini sehat ? "Tentu saja tidak"*

**Membahas berita HOAKS** 

Ini adalah kesalahan fatal. Saat lembaga penyiaran nasional menayangkan berita hoaks , alih-alih memberitahu masyarakat bahwa "ini adalah berita hoaks jangan di share" secara tidak langsung hal ini memperpanjang rantai berita hoaks itu sendiri.  *Ketika seseorang membahas berita Hoaks, maka Anda tak lebih baik dari penyebar HOAKS.*




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline