Lihat ke Halaman Asli

Dailymonthly

Just Another Blog

[Manipulasi psikologi] Anda dalam Bahaya, Kehilangan Kualitas Manusia

Diperbarui: 19 Maret 2019   06:34

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Credit : pixabay

Kita berada di Zona Perang. Manipulasi pikiran publik. Orang-orang dalam bahaya, kehilangan kualitas manusia mereka tanpa menyadarinya, itu karena manipulasi psikologis, intelektual, dan emosi.


"Manipulasi Psikologi adalah gaya dalam memengaruhi pengetahuan sosial seseorang atau sekompok yang bertujuan untuk mengubah persepsi atau perilaku orang atau kelompok secara licik, menipu, atau bahkan metode bisa melalui sebuah strategi yang kasar." ( Braiker, Harriet B. (2004). Whos Pulling Your Strings ? How to Break The Cycle of Manipulation )

Mereka dapat mengendalikan emosi Anda melalui musik, grafik, dan pemasaran / gambar yang direkayasa, efek komputer, dan lain-lain. Jika seseorang mempercayai sesuatu yang tidak benar, pikiran bawah sadar mereka tidak memperbaiki kesalahan, tetapi bertindak berdasarkan itu.

Secara psikologis orang dapat dipengaruhi untuk mempercayai sesuatu yang tidak benar apalagi jika informasi itu diatur dan disajikan dengan hati-hati, terutama jika berasal dari pihak yang dihormati / populer, seperti: siaran TV, radio, surat kabar dan *social media (akun populer). Tujuan mereka adalah mencoba untuk mengarahkan perhatian publik pada "fakta-fakta" tertentu. Tetapi seringkali fakta-fakta tersebut direkayasa dengan hati-hati untuk keuntungan pribadi.

Oleh karena itu Saya menyarankan kepada kerabat dan keluarga Saya agar lebih berhati-hati dan lebih bijak dalam memilih tontonan. Karena sebagian besar informasi yang disajikan tidak relevan. Saya pribadi memilih untuk mengabaikannya, Bagaimana dengan Anda ??




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline