Lihat ke Halaman Asli

DAIL MA RUF PTY

Guru Inspiratif Menginspirasi siapa saja

Wakaf Potensi Memandirikan Ekonomi

Diperbarui: 3 Agustus 2022   04:16

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

DOKPRI: Back ground Zoom.

WAKAF: POTENSI EKONOMI YANG BELUM DISADARI.


Badan Wakaf Indonesia melaui devisi Lembaga Pendidikan dan Pelatihan Wakaf Indonesia mengadakan Pelatihan dan Sertfikasi Nazhir  wakaf yang ditarget mencapai 1.000 orang se-Indonesia hingga 2024.  Pada tanggal 2-5 Agustus 2022 mengadakan pelatihan tahap 1 secara daring (tatap maya) dan Ujiannya secara luring (tatap muka) pada tanggal 7 Agustus 2022 di Jakarta.  Saya Dail Ma'ruf, M.Pd bersyukur dapat menjadi salah satu peserta dalam pelatihan tersebut utusan dari lembaga Yayasan Semesta Alam Madani -- Serang.

Banyak ilmu baru yang saya dapatkan dalam pelatihan ini, diantaranya bahwa kita sesungguhnya punya potensi ekonomi umat yang besar dengan model wakaf ini, hanya karena kurang dapat disosialisasikan dengan baik maka tingkat literasi masyarakat Indonesia tentang dasar-dasar wakaf masih rendah.

Hal menarik yang didapat dari survey masyarakat mengenai pengetahuan dasar wakaf  dan praktek wakaf menunjukan anomaly. Misalnya yang pemahamannya tinggi adalah orang Gorontalo, Manado dan Bali, sedangkan Banten dan DKI masuk kelompok yang rendah. Bingung kan?. Sama saya juga bingiung, untung pemateri menyampaikan analisa bisa saja karena pewawancara memilih respon di DKI di Mall atau Bundaran HI, sedangkan di Gorontalo, Manado dan Bali di sekitar masjid, atau orang yang ke luar dari masjid.

Iyalah wajar saja pemahaman tentang wakaf mereka yang keluar dari Masjid bagus karena mereka punya kesungguhan dalam beragama diatas rata-rata dan pastinya wawasan keagamaanya lebih baik dari para pengunjung Mall Jakarta.
Beberapa Ilmu baru yang saya catatkan antara lain : Dimensi pelayanan berkualitas dalam melayani wakif  ada 3 point penting disebut dengan dimensi 3 A terdiri dari :  

1. Atitude : Melayani dengan  Sehat ceria, Sikap menghargai wakif, dan Tampilan Nadhir yang rapih.
2. Attention : Dengarkan apa yang disampaikan wakif, catat informasinya dan di follow up.
3. Action  : Catat pesan wakif, tentukan teknis pelaksanaan, lakukan pengadministrasian data wakif, dan mengirim bukti pembayaran.

Manfaat data base wakif ada 5 yaitu ;
1. Sebagai petunjuk arah pemasaran, Nazir bisa menentukan mau memprioritaskan prospek calon wakif dari kelompok apa, tingkat pendidikan apa, serta usia berapa?.
2. Sarana berkomunikasi, dengan adanya data base maka menjadi bahan untuk mengakrabkan diri saat bertemu dengan calon wakif
3. Gambaran potensi pasar, data base lengkap akan memudahkan pemetaan bagaimana mengembangkan wakaf dari wakif di suatu lokasi.
4. Mampu merekam costumer blacklist, jika ada daftar costumer yang masuk daftar hitam, Nadzir pun dapat menghindarinya.
5. Membantu menganalisis program wakaf, dengan kelengkapan data wakif, nazir dapat membuat program untuk menawarkan program lainnya yang relevan dengan selera wakif.

Contoh klasifikasi penerimaan harta benda wakaf sesui peruntukannya
 

Contoh Identifikasi persoalan yang saya hadapi dalam melakukan penerimaan harta benda wakaf  di Yayasan Semesta Alam Madadi Kota Serang :
Karena YASALAM merupakan lembaga pendidikan dan sosial keagamaan yang baru berdiri tahun 2022 maka kendala yang dihadapi antara lain :
1. Kesulitan mendapatkan donator untuk menyelesaikan pembangunan sarana pendidikan, sarana kesehatan dan sarana ibadah.
2. Setelah memiliki ruang kantor dan 2 ruang kelas punya masalah sulitnya mendapatkan murid baru.
3. Mengoptimalkan sarana lahan Yasalam yang seluas 8.000 M2 supaya bisa produktif dan menutupi biaya operasional bulanan.
4. Memasarkan Produk Wakaf

Berapa metode yang dapat digunakan untuk memasarkan produk wakaf
Ada 2 yaitu : metoda langsung ( direct foundrising) dan metode tidak langsung (indirect found rising).
1. Metode langsung yaitu Nazir langsung menawarkan kepada wakif dan calon wakif seperti dengan direct massage, direct mail, direct advertising, telefundrising, dan presentasi langsung.  
2. Metoda tak langsung yaitu metode yang menggunakan teknik-teknik yang tidak melibatkan partisipasi wakif secara langsung . Mengrah pada pembentukan citra dan ajakan untuk melakukan transaksi donasi pada saat itu. Seperti : adventorial, image company, menyelenggarakan event, melalui perantara, relasi, referensi dan mediasi para tokoh.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline