Lihat ke Halaman Asli

Festival Borneo 2015, Ajang Promosi 5 Provinsi di Kalimantan

Diperbarui: 4 September 2015   03:03

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Bagikan ide kreativitasmu dalam bentuk konten di Kompasiana | Sumber gambar: Freepik

Pelaksanaan Festival Borneo 2015 di Kota Samarinda Provinsi Kalimantan Timur yang berlansung dari tanggal 1 September sampai dengan tanggal 6 September 2015 merupakan ajang promosi antar Provinsi di Pulau Kalimantan. Event ini dilaksanakan 2 (dua) tahun sekali dan kali ini pelaksanaannya sudah yang ke XXI yang dirangkai dengan acara Rapat Konsultasi Wilayah Tujuan Wisata se Provinsi di Kalimantan. Tujuan dari pada Event ini adalah Transformasi Ekonomi Rakyat Kalimantan Pasca Minyak dan Gas serta Batu Bara, maka melalui event ini sektor Pariwisata sebagai lokomotif pembangunan daerah se Kalimantan harus benar-benar dimaksimalkan.

Festival Borneo 2015 juga dijadikan sarana promosi pariwisata se Kalimantan dan upaya untuk melestarikan seni dan budaya daerah masing-masing, jujur saya katakan Event semacam ini hanya ada di Pulau Kalimantan. Kegiatan Festival Borneo 2015 ini dimeriahkan dengan berbagai kegiatan antara lain  :

  1. Rapat Konsultasi Wilayah Tujuan Wisata yang dihadiri para Perwakilan dari ke 5 Provinsi di Kalimantan.
  2. Pawai / Parade Budaya yang diikuti se Provinsi Kalimantan dan Kabupaten/Kota se Kalimantan Timur.
  3. Lomba Tari Kreasi Pedalaman dan Tari Kreasi Pesisir.
  4. Lomba Musik dan Lagu Daerah Kabupaten/Kota se Kalimantan Timur.
  5. Lomba Busana Kreasi Motif Batik Daerah
  6. Pameran Nasional.
  7. Penobatan Puteri Pariwisata Kalimantan Timur
  8. Lomba Kuliner Tradisional.
  9. Penampilan para Wakil Duta Wisata dan Puteri Pariwisata. 

Pembukaan Festival Borneo dibuka lansung oleh Menteri Pariwisata Republik Indonesia ( Arief Yahya) yang didampingi oleh Deputy yang membidangi. Kegiatan ini dilaksanakan dengan agar terpenuhinya tujuan pembinaan dan pengembangan kebudayaan dan pariwisata khususnya di Kalimantan Timur dan Kalimantan pada umumnya agar angka kunjungan wisata meningkat baik wisatawan nusantara maupun wisatawan manca negara.

Seperti kita ketahui bersama bahwa Pulau Kalimantan sangat kaya akan sumber daya alamnya serta mempunyai keanekaragaman budaya dari berbagai suku dan etnis begitupula dengan Obyek Wisata Unggulan yang tidak kalah menarik dengan obyek wisata yang baik di Indonesia maupun negara lain. Salahsatu contoh Kalimantan Timur punya Pulau Derawan, Kalimantan Selatan punya Pasar Terapung, Kalimantan Tengah punya Tanjung Puting  dan Tugu Khatulistiwa di Kalimantan Barat, semua itu merupakan icon daerah dan juga dilengkapi sarana dan prasarana dan fasilitas yang memadai sehingga mampu menarik kunjungan wisatawan ke berbagai provinsi di Pulau Kalimantan.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline