Lihat ke Halaman Asli

Dahlia Silitonga

Senang belajar dan menulis

Panen Kembang Kol

Diperbarui: 20 Mei 2024   11:51

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Sumber: dokumentasi pribadi

Kembang kol merupakan salah satu sayuran yang pasti ada pada sayuran cap cay. Bunga kol menjadi pemanis sayuran cap cay. Kembang kol termasuk kedalam keluarga kubis-kubisan yang memiliki saudara kandung tanaman brokoli dan kubis. 

Kembang kol umumnya berwarna putih ketika telah mekar. Memelihara kembang kol tidak sulit. Memberi pupuk, pestisida dengan takaran yang sesuai, dan pengairan yang cukup.

Hama ulat merupakan musuh kembang kol. Biasanya terang bulan, hama ulat akan dijumpai. Oleh karena itu, amat penting menyiangi bunga kol secara rutin. Petani biasanya menggunakan pestisida yang disemprotkan sesuai dosis seminggu sekali.

Sumber: dokumentasi pribadi

Petani menyemprotkan tanaman dengan pestisida yang direkomendasikan guna merawat tanaman bunga kol agar menghasilkan panen yang melimpah. Tak hanya pestisida, petani juga memberikan pupuk pertumbuhan bunga kol. Tanaman bunga kol dapat hidup pada suhu yang sesuai.

Saat panen tiba, bunga kol yang dihasilkan terlihat penuh, dan segar. Cara memanen bunga kol agar tahan lama beberapa hari kedepan, sebaiknya disimpan pada lemari es dan membiarkan daun bunga kol tetap ada (suhu ruangan).

Selamat menikmat sayuran cap cay sebagai menu makanan siang!




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline