Lihat ke Halaman Asli

Dahlia Silitonga

Senang belajar dan menulis

Kiat Cerdas Menjadi Guru Literat

Diperbarui: 17 Februari 2024   16:16

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Sumber: dokumentasi pribadi

Hari ini Workshop literasi yang diadakan oleh Pengurus Besar PGRI mengangkat topik literasi digital. Kegiatan ini diadakan di SMAN 25 Jakarta Pusat, sebuah sekolah tata ruang hijau di tengah kota. Ada tiga narasumber yang kompeten di bidangnya yang menyampaikan materi secara terpisah.

Materi pertama menyampaikan literasi digital oleh pak Catur dari mulai definisi, dampak bermedia digital, era VUCA (Volatility, Uncertainty, Complexity and Ambiguity), dan poin tips cerdas berliterasi digital. Semua disampaikan secara gamblang termasuk sesi tanya jawab.

Materi tak kalah menariknya adalah kreatif dalam literasi digital yang disampaikan ibu Meynia. Berita Hoax, spam, bentuk-bentuk spam, cara mengatasi spam. Cermat membaca alamat situs, jangan hanya membaca judul dan memeriksa fakta menjadi tips menghindari membagikan berita hoaks khususnya menggunakan media Whatsapp. Tips tak kalah pentingnya adalah sharing mengunduh aplikasi getcontact guna menghindari penipuan by phone

Materi terakhir mengenai manfaat dan dampak bermedia sosial di dunia pendidikan juga disampaikan secara apik oleh ibu Endang. Mulai dari sejarah media sosial, karakteristik media sosial dan etika bermedia sosial.

Semoga sharing materi workshop literasi hari ini bermanfaat bagi kita semua.

Salam literasi




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline