Lihat ke Halaman Asli

Dahlia Silitonga

Senang belajar dan menulis

Terapung dan Tenggelam

Diperbarui: 16 November 2023   20:28

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Sumber: dokumentasi pribadi

Hari ini saya dan murid-murid kelas 1C melakukan eksperimen Science sederhana, menentukan sebuah objek terapung atau tenggelam (float or sink). Pelajaran Science kali ini memang amat menyenangkan karena bersentuhan dengan air. Air merupakan liquid yang disenangi anak-anak untuk bermain.

Dari gambar di atas, saya bisa melihat kegembiraan mereka bersentuhan dengan air. Adapun objek yang diamati antara lain: batu, bola, sendok plastik, sendok metal dan daun. Mereka belajar melakukan pengamatan langsung setelah belajar teori terapung atau tenggelam sehari sebelumnya. Masing-masing siswa diberikan lembar kerja untuk menjawab setelah mengamati kelima objek tersebut di dalam ember.

Hampir semua anak mampu membedakan suatu objek terapung atau tenggelam. Benda yang ringan cenderung akan terapung berbeda halnya dengan benda logam berat yang tenggelam di dasar air ember. Terapung atau tenggelamnya suatu objek juga ditentukan oleh material penyusun suatu objek dari plastik atau bukan.

Konsep pelajaran Science yang disampaikan melalui metode pembelajaran eksperimen yang menyenangkan tentu menimbulkan rasa ingin tahu murid. Keingintahuan merupakan awal dari proses pembelajaran yang berlanjut menjadi proses pengambilan keputusan menentukan objek benda A atau B tenggelam atau terapung.

Terkadang rasa ingin tahu mampu membuat seseorang menuntut ilmu sampai ke negeri seberang. Milikilah rasa haus akan pengetahuan yang bermanfaat dan bagikanlah.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline