Lihat ke Halaman Asli

Dahlia Silitonga

Senang belajar dan menulis

Kesabaran

Diperbarui: 1 Oktober 2023   19:18

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

sumber: pngtree

Zaman sekarang, orang sabar sulit ditemukan. Semua dituntut serba cepat dan instan. Saat di stasiun kereta api, langkah orang terlihat terburu-buru mengejar kereta api untuk mendapatkan tempat duduk.  Keluar dari stasiun, semua penumpang berhamburan dari kereta dengan tergesa-gesa. 

Sabar itu juga dibutuhkan saat kita menunggu teman. Sabar mampu melarutkan kebosanan menunggu orang yang kita nantikan akan datang. Sabar itu memang tidak mudah untuk dilakukan.

Bahkan ketika kita kehilangan orang yang kita sayangi, kata penghiburan adalah sabar dan tabah. Sabar menjadi kata yang menenangkan hati orang yang berduka. Banyak hal dalam hidup ini yang membutuhkan kesabaran.

Dikutip dari Kamus Besar Bahasa Indonesia, kata sabar memiliki makna tahan menghadapi cobaan, bersikap tenang, tidak tergesa-gesa, tabah dan tidak terburu nafsu. Jadi, sebenarnya menjadi orang sabar itu membutuhkan usaha yang ekstra. Ada pepatah yang mengatakan " Orang Sabar disayang Tuhan". Kalau mau disayang Tuhan, hendaklah menjadi orang yang sabar.

Sabar itu sebuah keniscayaan atau kepastian yang harus dilakukan sama halnya seperti orang hidup yang bernafas. Sabar itu tidak terbatas oleh ruang dan waktu. Hal yang paling indah adalah menjadi orang sabar itu mendapatkan banyak keuntungan. Siapa yang sabar mendapatkan banyak berkat.

Cara kita menjadi orang yang sabar adalah dengan memiliki KASIH didalam diri kita. KASIH itu yang menggerakkan kita untuk besikap sabar terhadap sesama dan menghadapi tantangan hidup. Sabar harus selalu dilatih setiap hari. 

Selamat melatih kesabaran!




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline