Lihat ke Halaman Asli

Dahlia Silitonga

Senang belajar dan menulis

Mengenal Budaya Sunda di Kampung Wisata Cinangneng

Diperbarui: 4 September 2024   13:02

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Pendidikan. Sumber ilustrasi: PEXELS/McElspeth

Tak ada yang lebih menyenangkan berwisata alam sambil mempelajari budaya jika tidak mengalaminya secara langsung. Kita bisa menemukannya di Kampung Wisata Cinangneng. Di tempat ini kita bisa menikmati keindahan alam pedesaan dengan kekhasan budaya Sunda. 

Kunjungan wisata edukasi sekolah Life Community School Jakarta ke kampung wisata Cinangneng yang berlokasi di desa Cihideung Udik, Kabupaten Bogor. Sungguh menjadi pengalaman mengasyikkan. Harga tiket paket wisata edukasi termasuk berfoto dengan baju adat Sunda bisa dibilang sesuai dengan nilai manfaat yang diterima.

Para siswa-siswi mempelajari berbagai kesenian Sunda, diantaranya adalah belajar bermain gamelan, bermain angklung sambil bernyanyi lagu daerah Jawa Barat, berfoto dengan pakaian adat Sunda, belajar memasak kembang goyang, dan tak kalah serunya belajar membuat wayang dari limbah daun singkong seperti terlihat pada gambar-gambar kegiatan di bawah ini.

Pengalaman kegiatan wisata edukasi menjadi momen tak terlupakan bagi mereka. Semakin mengenal budaya bangsa sendiri lama-lama akan semakin jatuh cinta.

Tak kalah serunya keceriaan terpancar ketika berinteraksi bersama alam seperti memandikan kerbau dan menanam padi. Sesuatu yang tak pernah dilakukan pelajar selama menjadi penduduk kota metropolitan dan menjadi sensasi tersendiri ketika mencobanya. Kedua aktivitas tersebut tampak pada ekspresi kegembiraan siswa-siswi pada gambar-gambar di bawah ini. 

Kegiatan wisata edukasi kali ini tak hanya mengenal kesenian bangsa Indonesia saja tetapi menyimpan memori pembelajaran siswa-siswi agar menghargai kerja petani dan menyayangi binatang ternak. Semoga pengalaman ini menjadi modal bagi masa depan generasi penerus Indonesia.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline