Lihat ke Halaman Asli

Dahlia Silitonga

Senang belajar dan menulis

Aku Tertusuk Jarum

Diperbarui: 4 Juni 2022   21:53

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Kesehatan. Sumber ilustrasi: FREEPIK/Schantalao

Aku tertusuk jarum akupuntur karena mengikuti bakti sosial hari ini...

Akupuntur adalah metode pengobatan tradisional Tiongkok yang sering digunakan untuk mengobati penyakit serta kondisi tubuh lainnya. Akupuntur dilakukan oleh orang yang telah bersertifikat dan berpengalaman. Prosedur akupuntur dengan menggunakan jarum tipis dan halus yang disesuaikan dengan kebutuhan pasien, ditusukkan ke dalam kulit pada titik tertentu sesuai dengan keluhan pasien. Jika migrain di kepala maka jarum tipis akan ditusukkan pada titik-titik syaraf di kepala. 

Akupuntur mempelajari banyak titik-titik syaraf pada semua bagian tubuh manusia. Titik akupuntur dipetakan pada empat belas saluran meridian utama. Saluran meridian memiliki filosofi pada kepercayaan Tiongkok akan fungsi keseimbangan tubuh, Qi dan Chi. Beberapa ahli telah menerapkan ilmu syaraf untuk menjelaskan titik akupuntur. Titik akupuntur dilihat dimana bagian syaraf, otot dan jaringan ikat dapat dirangsang. Stimulasi yang diberikan melalui jarum menimbulkan rasa sakit jika tepat mengena pada syaraf yang sakit. Kemudian melancarkan aliran darah dan mengurangi rasa nyeri. Setiap titik akupuntur dapat mengobati berbagai keluhan.

Satu hal terpenting dalam pengobatan akupuntur wajib menggunakan jarum yang steril dan baru. Hal ini dilakukan guna mencegah terjadinya infeksi. Akupuntur merupakan pengobatan yang sudah terbukti mengurangi rasa sakit pasien, sebagai contoh ketika saya mengikuti bakti sosial hari ini berupa akupuntur gratis. Sebelum melakukan akupuntur biasanya kita akan ditanya keluhan sakit yang diderita, misalnya migrain, batuk, sulit tidur dsb. Ketika kita mengikuti prosedur akupuntur dengan benar maka kita akan merasakan manfaatnya, batuk sudah mulai berangsur-angsur hilang, kepala terasa ringan dan bisa tidur lelap.

Jadi, tidak ada salahnya mencoba akupuntur apalagi gratis, :)

Selamat menikmati akupuntur!




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline