Pada zaman era digital seperti sekarang ini, belanja online sudah menjadi hal yang sangat umum dilakukan oleh masyarakat. Shopee menjadi salah satu platform ecommerce yang sangat populer saat ini. Shopee menawarkan berbagai macam produk dengan harga yang kompetitif. Shopee juga sering melakukan promo seperti diskon dan juga flash sale untuk menarik minat para pelanggan shopee.
Diskon adalah pengurangan harga dari harga asli suatu produk sehingga menarik minat pelanggan lama dan juga pelanggan baru. Diskon yang diberikan shopee dalam beberapa kasus bisa mencapai 50% bahkan lebih, tergantung dari kebijakan yang berasal dari shopee atau penjualnya. Potongan harga dari diskon tersebut tentu sangat menarikk bagi konsumen yang ingin berbelanja dengan harga yang lebih hemat atau terjangkau, terutama untuk produk produk yang sudah lama diinginkan.
Diskon juga dapat menjadi strategi untuk meningkatkan penjualan bagi penjual, karena membuat semakin banyak orang yang tertarik untuk membeli produknya, dan juga penjual akan mendapatkan keuntungan. Selain diskon, shopee juga mengadakan flash sale. Flash sale adalah penjualan dengan harga yang sangat murah yang hanya berlangsung dalam waktu yang terbatas. Biasanya, flash sale hanya berlangsung selama beberapa jam atau bahkan beberapa menit saja. Hal tersebut membuat para pelanggan yang tertarik dengan produk tersebut harus cepat dalam mengambil keputusan untuk membeli, jika tidak maka kesempatan untuk membeli barang tersebut akan hilang .
Hal ini membuat pelanggan tertarik dan terdorong untuk membeli produk tersebut , karena mereka merasa mendapatkan harga yang sangat murah dan terbatas.
Pengaruh diskon dan flash sale Shopee terhadap pelanggan cukup besar. Pertama, diskon dan flash sale membuat pelanggan merasa lebih hemat saat berbelanja. Karena harga yang ditawarkan lebih rendah dari harga normal, pelanggan merasakan keuntungan untuk membeli produk tersebut. Kedua, diskon dan flash sale meningkatkan minat pelanggan terhadap produk tersebut. Mereka tertarik untuk membeli produk yang mungkin tidak terpikirkan sebelumnya karena harganya yang terlalu mahal. Ini, tentu saja, meningkatkan penjualan untuk penjual. Ketiga, diskon dan flash sale juga memberikan pengalaman berbelanja yang lebih menarik bagi pelanggan. Anda merasa beruntung dan tertantang untuk menemukan produk yang Anda inginkan sebelum masa promosi berakhir.
Namun, efek diskon dan flash sale juga memiliki sisi negatif. Karena diskon dan flash sale sering membuat pelanggan membeli produk yang mereka inginkan, hal ini dapat menyebabkan pembelian impulsif. Pelanggan mungkin membeli produk yang sebenarnya tidak mereka butuhkan hanya karena mereka tertarik dengan harga murah dan periode promosi yang terbatas. Tentu hal ini membuat pelanggan menyesal setelah membeli produk tersebut.
Secara keseluruhan, dampak diskon dan flash sale Shopee terhadap pelanggan cukup besar. Diskon dan flash sale membuat pelanggan lebih hemat, tertarik dengan produk dan memberikan pengalaman berbelanja yang menyenangkan. Namun, pelanggan harus berhati-hati saat membeli
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H