Lihat ke Halaman Asli

Tahukah Anda Pentingnya Angka Nol bagi Kehidupan?

Diperbarui: 12 Agustus 2020   22:42

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Humaniora. Sumber ilustrasi: PEXELS/San Fermin Pamplona

Pada saat mendengar kata nol, pasti yang kamu pikirkan adalah angka, setiap yang berhubungan dengan angka pastilah berbau matematika. Namun sering kita menjumpai angka nol di kehidupan ini, apakah pernah terpikirkan seberapa penting angka nol bagi kehidupan, dan bagaimana jika tidak ada angka nol dalam hidup ini. 

Seiring berjalan waktu angka ini telah banyak menimbulkan kontroversi dan membuka lebih banya peluang di dunia sains dibandingkan dengan angka-angka yang lainnya. Bahkan angka nol membuat kita bisa memprediksi masa depan, menakjubkan bukan. Namun untuk mengetahui bagaimana prediksi tersebut dilakukan dan untuk memahami angka nol, maka kita harus tau sejarah dari angka nol terlebih dahulu.

Angka nol sudah dikenal sejak lama, angka nol ditemukan oleh peradaban Babilonia dan Maya, dan digunakan untuk menghitung lamanya musim. Pada masa itu ilmuan melambangkan angka nol sebagai tidak adanya angka. 

Walau begitu, perlu dua ribu tahun lamanya angka nol dengan fungsi matematika untuk dapat diterima sebagaimana angka-angka lainnya, dan hal ini bermula di India dan disimbolkan dengan kata shunya yang berarti angka nol. Dan perlu di ketahui bahwa hanya angka nol yang dari dulu hingga sekarang tidak mengalami perubahan bentuk sepanjang sejarah. Nah ini merupakan sejarah singkat mengenai angka nol.

Pada saat memasuki abad ke-15 angka nol dan bersamaan dengan angka arab lainnya diterima secara penuh. Pada abad ke-17, angka nol meraih puncak kejayaan ketika digunakan sebagai basis dan koordinat cartesius yang ditemukan oleh filsuf Prancis, Descartes. Dengan semangkin kuatnya peran angka nol, muncullah satu hal lain dari angka nol, yaitu pembagiannya terhadap angka lain yang kerap dianggap rumit danhal ini berkaitan dengan kalkulus.

Dengan kalkulus, bayangka kita membuat sebuah garis yangbergerak terhadap waktu, misalnya garis tersebut tentang seberapa fokud anda membaca artikel ini, nah karena fokus berubah-ubah, maka akan ada bagian garis bergerak naik turun, namun ketika kita melihat garis itu dengan jarak dekat, maka pada dasarnya itu adalah garis lurus.

Kita dapat menggunakan kalkulus untuk berbagai hal dari perubahan harga saham dan penyebaran obat didalam tubuh. Tanpa konsep nol sebagai angka, maka semua itu tidak akan pernah tercapai.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline