APA ITU EMPATI DALAM KOMUNIKASI ?
Empati merupakan keterampilan komunikasi yang krusial dalam interaksi sosial. Dalam komunikasi, empati juga memungkinkan individu untuk memahami dan merasakan perasaan orang lain, yang dapat memperkuat hubungan interpersonal. Artikel ini akan membahas pentingnya empati dalam komunikasi, cara mengembangkan keterampilan empati, serta dampaknya terhadap hubungan pribadi dan profesional.
Devinisi Empati dalam Komunikasi
1. Pengertian Empati
Empati adalah cara memahami perasaan, pikiran, dan pengalaman orang lain orang. Empati dapat diartikan sebagai kemampuan diri kita untuk merasakan atau memposisikan diri seperti orang lain agar bisa merasakan atau memahami apa yang orang lain rasakan,
2. Pengertian Komunikasi
Komunikasi adalah proses pertukaran pesan, gagasan, ide antara dua orang atau lebih sehingga apa yang dimaksud pesan tersebut dapat dipahami. Komunikasi dapat terjadi dalam bebagai bentuk yaitu verbal (menggunakan kata-kata) dan non verbal (menggunakan isyarat tubuh)
3. Empati dalam Komunikasi
Empati dalam komunikasi adalah kemampuan untuk memahami atau merasakan emosi serta perspektif orang lain, yang sangat penting dalam membangun hubungan interpersonal yang efektif.
4. Pentingnya Empati dalam Komunikasi
a. Membangun Hubungan yang Kuat: Empati dapat merasakan perasaan orang yang dapat menciptakan suatu hubungan harmonis dan saling mengerti sehingga komunikasi menjadi efektif.