Lihat ke Halaman Asli

Daffa Anugerah Putra

Mahasiswa Universitas Negeri Surabaya

Empati dalam Komunikasi

Diperbarui: 7 Januari 2025   02:51

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Pendidikan. Sumber ilustrasi: PEXELS/McElspeth

APA ITU EMPATI DALAM KOMUNIKASI ?

                Empati merupakan keterampilan komunikasi yang krusial dalam interaksi sosial. Dalam komunikasi, empati juga memungkinkan individu untuk memahami dan merasakan perasaan orang lain, yang dapat memperkuat hubungan interpersonal. Artikel ini akan membahas pentingnya empati dalam komunikasi, cara mengembangkan keterampilan empati, serta dampaknya terhadap hubungan pribadi dan profesional.

Devinisi Empati dalam Komunikasi

1. Pengertian Empati

            Empati adalah cara memahami perasaan, pikiran, dan pengalaman orang lain orang. Empati dapat diartikan sebagai kemampuan diri kita untuk merasakan atau memposisikan diri seperti orang lain agar bisa merasakan atau memahami apa yang orang lain rasakan,

2. Pengertian Komunikasi

            Komunikasi adalah proses pertukaran pesan, gagasan, ide antara dua orang atau lebih sehingga apa yang dimaksud pesan tersebut dapat dipahami. Komunikasi dapat terjadi dalam bebagai bentuk yaitu verbal (menggunakan kata-kata) dan non verbal (menggunakan isyarat tubuh)

3. Empati dalam Komunikasi

Empati dalam komunikasi adalah kemampuan untuk memahami atau merasakan emosi serta perspektif orang lain, yang sangat penting dalam membangun hubungan interpersonal yang efektif.

4. Pentingnya Empati dalam Komunikasi

a. Membangun Hubungan yang Kuat: Empati dapat merasakan perasaan orang yang dapat menciptakan suatu hubungan harmonis dan saling mengerti sehingga komunikasi menjadi efektif.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline