angle berita dan multiangles
angle dalam pemberitaan
Menurut Bob Franklin, dan rekan-rekannya dalam buku "Key Concepts in Journalism Studies" (2005), perspektif berita (news angle) adalah cara pandang atau perspektif yang digunakan saat melaporkan sebuah peristiwa.
Perspektif tertentu yang digunakan dalam berita sangat bergantung pada berbagai faktor, seperti relevansi konten (apakah informasinya penting, menarik, unik, berbeda, reaktif, atau deskriptif), serta jenis lembaga media (lokal, nasional, atau internasional) yang mempublikasikan atau menyiarkan berita tersebut.
Seperti yang dikutip dari buku "Kreatif Siaran Televisi: Hard News, Soft News, Drama, Non-drama" (2017) karya Rusman Latie dan Yusiatie Utud, perspektif berita diperlukan agar berita tersebut dapat berfokus hanya pada informasi penting terkait peristiwa tersebut.
Perspektif berita menjadi faktor yang membedakan isi berita antara satu media dengan media lainnya. Meskipun peristiwa yang dilaporkan sama, namun cara penyampaian beritanya bisa berbeda karena dipengaruhi oleh perspektif berita.
Pemilihan perspektif tulisan bisa didasarkan pada pertimbangan aspek mana yang paling menarik, paling penting, dan paling berdampak bagi masyarakat. Di meja redaksi, keputusan memilih perspektif A, B, atau C, selalu dikaitkan dengan news value (nilai berita) di Tempo, yaitu aktual atau hangat dibicarakan, menyangkut tokoh, novelty (pertama kali), eksklusif atau prestisius, dan magnitude atau besaran dampak. Jika Anda seorang blogger, Anda juga bisa mengadaptasi news value ini, tentu saja dengan ruang yang lebih luwes karena blog lebih mengutamakan sudut pandang personal sang blogger.
Pendekatan Multi-Perspektif dalam Berita
Dikutip dari Jurnal di halaman Uinsu.ac.id, Berita Multi Angle atau bisa juga disebut yang berarti mengambil cara pandang pemberitaan dari banyak arah. Konsep ini digunakan media Tribun Medan dalam menulis berita, Manajer Liputan menjelaskan bahwa konsep yang diterapkan TribunMedan.com ini tidak hanya terfokus pada satu cara pandang saja, melainkan pada cara pandang lainnya sehingga satu peristiwa akan melahirkan banyak berita. Konsep Micro People disini berarti ketika terdapat sebuah peristiwa, maka siapapun yang terlibat akan dijadikan narasumber. Kemudian informasi-informasi dari narasumber inilah yang akan 'diolah' dan menghasilkan beberapa berita. Karena penerapan konsep ini, dalam sehari portal TribunMedan.com dapat menghasilkan banyak berita sehingga para pembaca setianya tidak merasa kekurangan informasi. Konsep khas Tribun ini terbukti dapat menarik perhatian pembaca untuk terus membaca portal TribunMedan.com. Hal ini dapat terlihat dari google analityc, dimana jumlah pengunjung di tahun 2022 terus meningkat.
Daftar Pustaka
Vanya Kurnia. (2022, 24 Januari). Apa itu Angle Berita. Diakses pada 2 Februari 2024, dari https://www.kompas.com/skola/read/2022/01/24/110000369/apa-itu-angle-berita
Tempo Institue. (2018, 19 Agustus). Tips Menulis: Membuat Angle Tulisan. Diakses pada 2 Februari 2024, dari https://blog.tempoinstitute.com/berita/tips-menulis-membuat-angle-tulisan/
Risya,F., Jufri,N., Faisal,R. (2022). : Strategi Pemberitaan Tribunmedan.com dalam Menghadapi Persaingan Media Online. Jurnal At Tazakki, 6(1) 176-190.
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H