Lihat ke Halaman Asli

Mahasiswa UPN "Veteran" Jatim Lakukan Sosialisasi Digitalisasi UMKM

Diperbarui: 18 Desember 2022   21:18

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Mahasiswa UPN "Veteran" Jatim Lakukan Sosialisasi Digitalisasi UMKM

Pada hari Rabu, 8 Desember 2021,  kelompok mahasiswa/i UPN "Veteran" Jawa Timur yang dibimbing oleh Drs. Saiffudin Zuhri M.Si melaksanakan sosialisasi digitalisasi UMKM di Kampung Kue, Rungkut, Surabaya. Sosialisasi yang bertajuk "Aktivasi Sosial Media Sebagai Sarana Digital Marketing" tersebut bertujuan untuk memperkenalkan para pelaku UMKM di area Kampung Kue Surabaya akan pentingnya aktivasi dan pengunaan sosial media yang berguna sebagai sarana promosi dan berjualan di era digital saat ini. 

Kegiatan tersebut dihadiri oleh beberapa pelaku UMKM yang terdapat di area Kampung Kue, Surabaya. Target utama dari sosialisasi ini adalah para pelaku UMKM yang belum melaksanakan aktivasi sosial media dalam melakukan proses usahanya. Topik pertama membahas mengenai pemahaman karakteristik konsumen di era digital, dan alasan diperlukannya aktivasi media sosial sebagai sarana penjualan,. Kemudian, topik selanjutnya berupa pembahasan mengenai kiat-kiat social media branding dan promosi produk melalui media sosial menggunakan desain-desain yang menarik yang dapat dilakukan menggunakan aplikasi Canva.

Kampung Kue Rungkut Surabaya sendiri merupakan salah satu kampung yang memiliki jumlah pengrajin dan produsen dengan jumlah cukup banyak. Usaha-usaha dari masing-masing dapur rumah memiliki potensi yang tinggi untuk dikembangkan sehingga dapat menjangkau cakupan konsumen yang lebih luas. Akan tetapi, para pelaku UMKM  tersebut belum memahami pentingnya pengunaan sosial media dalam menunjang aktivitas usaha mereka agar dapat lebih berkembang dan mereka mendapatkan rekognisi dari masyarakat. Harapannya, sosialisasi ini akan memberikan informasi serta ilmu yang dapat diaplikasikan oleh para pelaku UMKM di Kampung Kue, Surabaya. 

"Dengan adanya sosialisasi ini, saya jadi lebih mengerti pentingnya menggunakan media sosial buat membantu jualan saya agar lebih laku. Saya juga tadi diajarin buat bikin desain yang ternyata mudah dan membantu untuk promosi produk saya" ujar Ibu Elfa selaku koordinator UMKM Kampung Kue Surabaya.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline