Lihat ke Halaman Asli

Penerapan IJTIHAD Dalam Kehidupan Sehari-hari

Diperbarui: 17 Desember 2023   17:03

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Secara bahasa, Ijtihad yaitu berusaha dengan penuh kesungguhan . Menurut istilah, Ijtihad yaitu mencurahkan segenap kemampuan mencari serta menemukan status/penerapan hukum dari sesuatu yang belum ditetapkan Al-Quran maupun Hadis. Mujtahid adalah orang yang melakukan Ijtihad.

Ijtihad dalam kehidupan sehari-hari digunakan untuk bagaimana cara kita menemukan status hukum dari suatu persoalan yang belum ditetapkan dalam Al-Quran maupun Hadis.

1. Keuangan dan Ekonomi : Dalam hal ini ijtihad dalam diterapkan untuk mengembangkan produk atau metode keuangan dan bisnis yang sesuai dengan prinsip-prinsip syariah.

2. Teknologi : Ijtihad membantu dalam menemukan jawaban apakah teknologi yang dibuat dan dikembangkan tidak bertentangan dengan syariah, seperti adanya cripto atau trading.

3. Medis : Masalah seperti kehamilan buatan, pengobatan penyakit, dan transplantasi organ.

4. Hukum Pidana : Memberi pandangan menangani serta mengambil keputusan hukum yang sesuai dengan syariah namun belum begitu jelas di Al-Quran, seperti kejahatan siber dan perkembangan hukum yang lebih manusiawi.

5. Pendidikan : Pengembangan kurikulum yang sesuai dengan nilai-nilai islam.

Penerapan Ijtihad dalam kehidupan sehari-hari ini juga harus dibarengi dengan keterbukaan pemikiran tentang perkembangan zaman yang sudah berubah dengan tetap menjunjung tinggi nilai-nilai syariah islam. Para Mujtahid harus memahami dan siap mehadapi berbagai pandangan masyarakat yang berbeda-beda serta dapat memberikan pandangan hukum yang relevan, bijak, dan bisa diterima.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline