Lihat ke Halaman Asli

Daffa Ardan

Mahasiswa

Ceramah Anjuran Menuntut Ilmu

Diperbarui: 4 Juli 2024   22:22

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Nama: Daffa Ardan Krisbiantoro

NIM: 11230541000042

Prodi: Kesejahteraan Sosial - 2B 

Dosen Pengampu: Muhammad Firdaus LC., MA., Ph.D

Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi 

Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta

Naskah Ceramah Anjuran Menuntut Ilmu

Assalamu'alaikum, Warahmatullahi Wabarakatuh. Bismillahirrahmanirrahim.  

Alhamdulillahi rabbil 'alamin, was sholatu wassalamu 'ala, asyrofil ambiyaa iwal mursalin, wa a'laa alihi wa sahbihi ajmain amma ba'du. 

"Segala puji bagi Allah Tuhan Semesta Alam. Rahmat dan keselamatan semoga terlimpah atas paling mulianya nabi dan rasul, juga atas keluarga dan para sahabat, serta kepada yang mengikuti mereka dalam kebenaran sampai hari kiamat. Adapun setelahnya." Pertama-tama, marilah kita semua panjatkan puji syukur kehadirat Allah SWT., yang telah melimpahkan rahmat-Nya kepada kita semua, dengan nikmat kesehatan yang masih diberikanNya. Tak lupa pula salawat dan salam semoga tercurah kepada junjungan kita, Nabi Muhammad SAW, serta kepada keluarga dan sahabat-sahabatnya yang mulia. Marilah kita bersama-sama menjelajahi petunjuk hidup yang agung ini, dengan tema yang hendak kita bahas pada kesempatan yang berbahagia ini, yaitu tentang anjuran menuntut ilmu. 

Baik kaya atau miskin, tua atau muda, kuat atau lemah fisiknya. Laki-laki atau perempuan, semua orang wajib belajar dan menuntut ilmu. Baginda tercinta Nabi Muhammad SAW bersabda tentang pentingnya menuntut ilmu dalam HR Ibnu Majah yang artinya: “Mencari ilmu adalah kewajiban setiap muslim.” (HR Ibnu Majah) Dari hadits ini, kewajiban menuntut ilmu menjadi sangat jelas bagi kita semua. Sehingga, seringkali muncul pertanyaan, pengetahuan apa yang sebetulnya benar-benar diperlukan untuk bekal kehidupan? Semua disiplin ilmu atau hanya disiplin ilmu tertentu? 

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline