Lihat ke Halaman Asli

Daffa

Mahasiswa Komunikasi

Laksda TNI Rachmat Hartoyo Hadiri Upacara HUT TNI ke-78 di Monas

Diperbarui: 6 Oktober 2023   20:37

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Laksda TNI Rachmat Hartoyo (Dok.pribadi)

Jakarta - Tentara Nasional Indonesia (TNI) menggelar upacara peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-78 yang berlangsung di lapangan silang Monumen Nasional (Monas) pada Kamis (5/10/2023).

Tenaga Ahli Pengajar Bidang Geopol dan Wasantara Lemhannas RI, Laksamana Muda (Laksda) TNI Rachmat Hartoyo turut hadir dalam upacara tersebut.

"Intinya refleksi kebelakang bahwa TNI senantiasa menjaga negara kita, Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) berdasarkan pancasila, undang-undang dasar 45, dan bhinneka tunggal ika," ujar Rachmat kepada wartawan.

Ia mengatakan, TNI sebagai lembaga negara harus bisa bersikap netral dan tidak berpolitik pada pemilu 2024 nanti. Menurutnya, TNI harus bisa mengawal segala kegiatan pemerintah.

Mantan Waaslog Kasal itu berharap, kedepannya TNI bisa lebih baik lagi dengan peralatan dan alutsista yang modern.

Peringatan HUT TNI pada tahun ini mengangkat tema "TNI Patriot NKRI Pengawal Demokrasi untuk Indonesia Maju". Presiden Joko Widodo (Jokowi) menjadi Inspektur Upacara dalam perayaan Hari Ulang Tahun ke-78 TNI.

Dalam amanatnya, Presiden Jokowi menyampaikan apresiasi atas dedikasi dan profesionalisme seluruh anggota TNI yang telah menjadi benteng terdepan dalam pertahanan negara.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline