Lihat ke Halaman Asli

Nur Terbit

Pers, Lawyer, Author, Blogger

Misteri Folder Aren Jaya Bekasi Timur

Diperbarui: 9 Juli 2024   20:17

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Bang Nur di tepi Folder Aren Jaya (foto dok pribadi) 

DI BALIK "SENGKETA" FOLDER AREN JAYA BEKASI TIMUR

Jumat sore 19 April 2024 silam sepulang silaturahmi ke rumah teman Naipar Golan, iseng Bang Nur mampir "cari angin", di Folder Aren Jaya, Bekasi Timur, Kota Bekasi, Jawa Barat. 

Folder Aren Jaya ini, bentuk semacam danau (setu, bahasa Bekasi mah) untuk penampungan air jika hujan turun. Mungkin tujuannya agar tidak meluber ke pemukiman warga. Kira-kira begitulah.

Bisa jadi begitu tujuan dibangunnya folder ini. Sebab beberapa tahun lalu perumahan BTN Wisma Jaya dan perumahan tetangganya seperti Perumnas Tiga, Borobudur, Duren Jaya, Taman Alamanda dan pemukiman warga non-BTN "tenggelam" diterjang banjir besar. 

Warga panik. Sebab selain banjir dari air kali yang meluap dan (konon) bendungan dari Kali Bekasi jebol tidak mampu menahan "banjir kiriman" dari Bogor, penerangan listrik dari PLN juga padam. 

Maka lengkap sudah penderitaan rakyat jelata seperti kami. Penghuni perumahan yang tempat tinggal mereka dan milik satu-satunya ini, tidak bisa keluar komplek mencari bantuan akibat banjir. 

Folder Aren Jaya (foto dok Nur Terbit) 

Sementara orang luar komplek tidak berdaya. Mau masuk menolong dan membawa bantuan, takut ikut tenggelam. Perahu karet pun tidak nampak. Maklum listrik PLN padam. 

Yang terbayang kemudian adalah nasib penghuni perumahan yang waktu itu rumahnya masih dikredit. Bahkan ada yang nunggak, sudah disemprot "dalam pengawasan BTN" dan terancam dilelang. 

Sebaliknya ada tetangga Bang Nur -- yang karena dapat pesangon setelah dia di-PHK oleh perusahaannya -- dia lunasi kredit rumahnya dengan uang pesangon. Seharusnya KPR (Kredit Pemilikan Rumah) masih 12 tahun lagi, hari itu dia langsung melunasi dan bisa menerima bukti pelunasan serta sertifikat rumah. 

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline