Lihat ke Halaman Asli

Nur Terbit

Pers, Lawyer, Author, Blogger

Melancong ke Belitong, Negeri Laskar Pelangi

Diperbarui: 1 November 2022   20:04

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Perkampungan Nelayan Bugis di Tanjung Kelayang, Tanjungpandan, Belitung (foto dok Nur Terbit)

MELANCONG KE BELITONG, NEGERI LASKAR PELANGI


"Melancong Ke Belitong" (Belitung) Provinsi Bangka Belitung, memang sesuatu banget. Betapa tidak, dengan berhasil meraih hadiah lomba menulis tema wisata yang digelar satu travel biro di Jakarta, akhirnya saya bisa mengikuti paket kunjungan wisata ini, yakni "Berwisata Ke Belitong".

Alhamdulillah, berdua dengan isteri, kami terbang dari Jakarta ke Tanjungpandan, daerah yang dikenal sebagai "Negeri Laskar Pelangi" di Provinsi Bangka Belitung. Selanjutnya dengan menyewa sepeda motor, kami berdua berboncengan keliling Kota Tanjungpandan hingga ke pelosok di "Belitong" tersebut.

Kata "Belitong" sendiri adalah sebutan nama Belitung versi lidah warga setempat. Sebelumnya daerah ini adalah bagian dari wilayah Sumatera Selatan, sebelum pemekaran menjadi Provinsi Bangka Belitung.

Disebut juga sebagai "Negeri Laskar Pelangi" karena di beberapa daerah di Belitung ini pernah dijadikan lokasi syuting film "Laskar Pelangi" yang diangkat dari cerita novel karya Andrea Hirata. Antara lain di daerah Manggar, Tanjung Tinggi dan lain-lain. 

Penasaran bagaimana indahnya "Belitong" yang sebenarnya? Ikuti paket wisata traveling saya di bawah ini berdua istri dalam reportase video YouTube di channel YouTube #NurTerbit


TULISAN TERKAIT bisa diklik di sini : Blog 1 : Blog 2 : IG 1IG 2Twitter 1 Twitter 2 : FB : Channel YouTube: 




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline