Lihat ke Halaman Asli

Dading AldiyudaAfrilla

Universitas Diponegoro

Yuk Kenali Lebih Dalam Desamu! Mahasiswa KKN UNDIP Membuat Peta Informasi Desa Ngrombo

Diperbarui: 14 Februari 2023   05:30

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

dok.pribadi

Sragen (08/02/2023) -- Dading Aldiyuda Afrilla (Fakultas Teknik) dari KKN TIM I Universitas Diponegoro 2023 melakukan rangkaian kegiatan Kuliah Kerja Nyata melalui program kerja "Pembuatan Peta Informasi Desa Ngrombo". Program kerja ini dilaksanakan 0064alam rangka membantu perangkat desa dan warga lokal lebih mengetahui lokasi-lokasi fasilitas umum yang ada di Desa Ngrombo.

Peta merupakan salah satu barang pertama yang kita cari saat di tempat baru terutama di daerah yang susah untuk mengakses peta online. Oleh karena itu, ketersediaan peta cukup penting untuk mengetahui lokasi terutama bagi pendatang.

Desa Ngrombo merupakan salah satu desa yang ada di Kecamatan Tangen, Kabupaten Sragen. Desa Ngrombo merupakan desa yang bertetanggan dengan Desa Galeh dan Desa Bago, Kabupaten Grobogan. Maka dari itu perlu adanya peta informasi untuk mengetahui batasan wilayah yang ada serta fasilitas umum yang ada di Desa Ngrombo.

Sayangnya saat ini pihak perangkat desa tidak memiliki peta atau data dasar berupa shapefile mengenai batas administrasi desa dan fasilitas umum yang ada di dalamnya karena kendala pengukuran manual yang susah dan tidak cukup akurat.

Perihal permasalahan tersebut, Mahasiswa KKN UNDIP yang bernama Dading berinisiatif membantu perangkat desa untuk membuat peta informasi yang menampilkan informasi geospasial agar perangkat desa dapat mengetahui batas administrasi desa dan fasilitas umum yang ada di dalamnya.

Pembuatan pet aini diawali dengan mencari data dasar atau shapefile batas administrasi yang kemudian diolah sekaligus melakukan digitasi lokasi dengan cara membuat shapefile tipe point menggunakan software ArcGIS 10.8 dengan skala akhir peta yaitu 1:25.000. Setelah itu dilakukan editing layout peta yang berisikan judul peta dan logo instansi, legenda, arah mata angin, scale text, dan scale bar.

dok.pribadi

Hasil pembuatan peta ini memuat berbagai informasi seperti Batas Administrasi Desa, Jaringan Jalan, dan Fasilitas Umum, Penyerahan peta dilakukan pada tanggal 8 Februari 2023 bertempat di Balai Desa Ngrombo. Bu Sansi selaku perwakilan perangkat desa berterimakasih dengan adanya bantuan mahasiswa KKN dalam pembuatan peta.

Lokasi                         : Ngrombo, Tangen Tanggal

Kegiatan                     : 8 Februari 2023

Penulis                        : Dading Aldiyuda Afrilla

DPL                             : Riza Susanti S,T, M.T.

#KKNtimIperiode2023 #p2kknundip #lppmundip

#undip




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline