Lihat ke Halaman Asli

Bekti Baiq

Kok bisa gitu bang?

[Serial Inspiratif Anak Muda] Pengrajin Miniatur Bus Sawangan Depok

Diperbarui: 11 Mei 2022   21:41

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

dokpri

Berawal dari kecintaannya terhadap transportasi di Indonesia khususnya bus, seorang pemuda di Sawangan Depok mencoba berkarya membuat miniatur atau tiruan bus asli dengan bahan-bahan bekas yang sudah tak terpakai.

Ditangan orang yang kreatif, akrilik bekas, potongan triplek, busa serta resin yang biasanya dibuang karena menumpuk di gudang disulap oleh Bekti menjadi karya seni kreatif. Bukan hanya itu karyanya pun bisa mendatangkan uang.

Dalam membuat karyanya (Bekti), kamar tidurnya pun diubah menjadi workshop kecil bernama SPV Miniatur atau #garaSISubekti yang berlokasi tepat di Gg. Lebak IV No.74P RT.04/006, Sawangan, Depok dekat dengan Masjid Kubah Emas Depok. 

dokpri

Proyek pembuatan miniatur biasanya dikerjakan di jam-jam luang seperti malam hari selepas pulang kerja atau hari libur kerja. Pada waktu itu mulailah barang-barang bekas tadi diukur, dipotong dan dibentuk menggunakan alat seperti penggaris besi, cutter, dan lem tetes. Ada beberapa bagian miniatur yang mengharuskan untuk diukir dan di dempul kemudian diberi warna menggunakan cat pilok sebagai bagian akhir. Ia berfokus pada miniatur skala 1:50.

Hasil kerajinannya tersebut diminati oleh kalangan pecinta bus terutama anak-anak bahkan crew bus. Bekti menjual karyanya melalui komunitas pecinta bus dan pecinta miniatur di Facebook dan Instagram. Ia pun rutin mengikuti kopdar atau acara perkumpulan komunitas untuk memamerkan karyanya agar bisa lebih dikenal sesama pecinta bus dan miniatur.

dokpri

"Alhamdulillah karya saya sudah tersebar meski belum keluar dari Pulau Jawa. Tapi itu sudah cukup membanggakan bagi saya pribadi. Saya tidak mengerjakan proyek miniatur bus saja mas, tapi juga bisa mengerjakan miniatur truk dan juga diorama seperti rumah, warung, dan agen bus. Untuk pemasangan kelistrikan interior miniatur juga saya bisa". Kata Bekti.

dokpri

Mengetahui respon masyarakat cukup bagus, Bekti mencoba lebih mengembangkan lagi hasil kerajinan tangannya dengan berusaha mendapatkan hasil yang detail dan sabar agar dapat mirip atau menyerupai dengan bus aslinya.

Ia berharap dunia perminiaturan tetap berjalan dengan  baik dan karyanya bisa lebih dikenal luas lagi.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline