Lihat ke Halaman Asli

Sungai Makin Sempit dan Hilang

Diperbarui: 25 Juni 2015   03:41

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Bagikan ide kreativitasmu dalam bentuk konten di Kompasiana | Sumber gambar: Freepik

Oleh Dadang Kusnandar

Penggerak Klub Kajian Gerbang Informasi

Tinggal di Cirebon

MENYUSUR Google peta Kalikoa, sebuah desa di Kecamatan Kedawung Kabupaten Cirebon, tidak saya dapatkan. Akan tetapi berbincang dengan seorang ibu 63 tahun kelahiran Kalikoa, ternyata menyimpan kisah menarik. Catatan ini ditulis berdasar penuturan Rusiti binti Badari Daham, kini hampir dua tahun ibu sederhana itu meninggal dunia. Ia bertutur seperti berikut ini. Kali Dermaga 1947 di Kalikoa lebarnya 8 meter. Dinamakan Kali Dermaga karena ada jembatan bambu di sungai itu. Dermaga dalam bahasa Cirebon berarti jembatan. Kali Dermaga merupakan pertemuan Kali Kunjeng, dan Sumur Tengguli ~tempat rakyat mencuci pakaian, mandi dsb~lantaran airnya jernih dan mengalir. Lebar Kali Dermaga tahun 2012 tersisa kurang dari dua meter. Sungai ini merangkai ke kali besar  dekat Pasar Sumber.

Pengenalan saya atas Kampung Kalikoa berawal dari teman sepermainan kecil, kini berstatus guru SD di Kalikoa. Ia banyak bertutur tentang kampung asalnya yang gempita (tentu saja menurut versi dia), dan Rusiti adalah ibunya.

Kalikoa 1945 tak berselang lama Proklamasi Kemerdekaan RI, bila ada anak muda yang berteriak MERDEKA, seketika diculik (entah oleh siapa) lalu tak jelas nasibnya. Pemuda yang diculik itu biasanya disembelih lalu mayatnya berhari kemudian ditemukan di Dermaga Malang.

Warga Kalikoa 1947 bepergian ke Cirebon berjalan kaki menyeberangi kreteg (jembatan) Kali Dermaga dengan waktu tempuh sekira 30 menit ke Dermaga Malang. Keindahan Gua Sunyaragi , panorama Cirebon yang asri dengan lanskap Gunung Ciremai dan pesawahan yang dikelola penduduk. Dermaga Malang, sungai yang menyilang jalan raya, melintas dari tikungan Sunyaragi - Kesambi hingga samping SMP Garuda (SMA Negeri 2 Cirebon sekarang.

Tentang Kalikoa dengan point of view sungai berangkat dari kepedulian pentingnya menjaga lingkungan agar tetap lestari, setidaknya dalam ukuran kelayakan lebar sungai hingga tidak mengakibatkan banjir. Kali Dermaga adalah contoh ketidaksiapan kita menjaga lingkungan. Desakan kaum urban pun turut mempersempit lebar sungai itu. Sampah yang mendesak ke tepi Kali Dermaga, Sumur Tengguli yang sudah tidak jernih lagi airnya, dan banyak sungai bernasib serupa di Indonesia. Celakanya, di kota sejak pembangunan dijadikan panglima, sungai bahkan ditutup, jembatan pun hilang lalu berganti jadi jalan raya. Entah itu pelebaran jalan dan atau pembukaan jalan baru. Kota Cirebon termasuk pada kategori ini.

Sungai makin kecil, kian sempit dan tidak dapat dipandang. Mungkin ia berada di bawah aspal jalan yang berhotmix. Mungkin juga sungai yang terus menyempit itu sudah tak mampu lagi mengalirkan air. Cirebon salah satu produk gagal pembangunan lingkungan terus menutup kali menjadi jalan. Masa SMA saya tahun 1980-an Dermaga Malang masih ada berikut jembatannya di samping SMA 2 Jalan dr. Cipto Mangunkusumo. Akan tetapi anak saya tidak tahu dan tidak pernah tahu bahwa di situ pernah ada sebuah sungai. Kabar paling akhir, ditutupnya kali depan Rumah Sakit Tentara Ciremai di Jalan Kesambi. Kali/ sungai ini tersambung ke Dermaga Malang.

Enam bulan lalu teman saya, fotografer Ipon Bae memotret kegiatan menebang pohon mahoni di depan RST Ciremai, namun sayang sekali saya tidak dishare fotonya. Bagi saya ini penting, bukan untuk menghujat pemerintah kota melainkan semata untuk mengaplikasi kebijakan publik berwawasan lingkungan. Jika pun pemerintah berkilah untuk mengatasi kemacetan dan kepadatan lalu lintas, solusinya bukan menutup sungai. Bisa saja dengan cara regulasi di bidang transportasi berwawasan lingkungan, misalnya mengatur lalu lintas di sana jadi satu jalur. Hm, saya yakin pemerintah lebih pandai bila mau melaksanakan kebijakan publik berwawasan lingkungan.

Bayangkan bila suatu saat nanti banjir menggenang Cirebon. Ironis, kota tepi pantai utara (Laut Jawa) yang seharusnya mampu mengalirkan air sungai ternyata tumpah ke jalan serta masuk ke rumah warga. Kondisi ini sebenarnya sudah terjadi (kendati bukan banjir bandang) 6 tahun lalu di Kalitanjung. Penyempitan sungai penyebabnya. Dan lazim terjadi di Indonesia : banjir melanda kota di tepi pantai. Sampai kapan?

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline