Lihat ke Halaman Asli

Dadan Ajharudin

dadanherbal

Kasih Sayang Sesama Makhluk Hidup

Diperbarui: 29 Juni 2021   05:42

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Kasih Sayang Sesama Makhluk Hidup | freepik

Sebagai manusia tentu kita tak asing dengan yang namanya kasih sayang, karena memang hal tersebut telah dikaruniakan Tuhan sejak penciptaannya. 

Kehidupan yang aman dan tentram merupakan hak atas setiap makhluk hidup yang Allah ciptakan di atas muka bumi ini. Meski demikian,banyak bentuk kedzaliman yang dilakukan oleh sebagian makhluk kepada sebagian yang lainnya . termasuk diantaranya adalah kedzaliman yang dilakukan manusia kepada binatang.sesungguhnya agama islam yang mulia ini telah mengajarkan kepada pemeluknya untuk selalu berakhlak baik dan menjauhi kedzaliman,termasuk di dalamnya adalah berkasih sayang kepada binatang. 

Baca juga: Berbagi dengan Sesama di Bulan yang Berkah

Kasih sayang kepada binatang merupakan bentuk dari keindahan islam,yaitu bahwasanya Islam adalah agama rahmat bagi seluruh alam semesta, yang mana Allah azza wa jalla mengutus Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam sebagai bentuk kasih sayangnya kepada seluruh makhluk yang ada di alam semesta ini. Allah subhanahu wa ta'ala berfirman :                                                                              

 "Dan tidaklah kami mengutusmu melainkan sebagai rahmat /kasih sayang bagi semesta alam."(Qs.al-Anbiya[21]:107)

Bahkan Nabi secara khusus menjelaskan tentang kasih sayang terhadapnya,dalam hal ini adalah binatang. Nabi bersabda :

: :

"

Artinya:

 Telah menceritakan kepada kami Isma'il berkata,telah menceritakan kepadaku Malik dari Nafi' dari Abdullah bin Umar radhiyallahu 'anhuma bahwa Rasulullah shalallahu 'alaihi wasallam bersabda : "Ada seorang wanita disiksa disebabkan mengurung seekor kucing hingga mati kelaparan lalu wanita itupun masuk neraka". Nafi' berkata ; beliau berkata : "sungguh Allah maha  mengetahui  bahwa kamu tidak memberinya makan dan minum ketika engkau mengurungnya dan tidak membiarkannya berkeliaran sehingga dia dapat memakan serangga tanah"

Hadtis ini adalah peringatan yg keras bagi orang-orang yg menyiksa hewan. Hadits diatas menunjukkan tidak adanya rasa kasih sayang pada diri perempuan tersebut kepada binatang, sehingga ia tega berbuat demikian. Maka hendaknya orang-orang yg suka menjadikan hewan sebagai aduan, sasaran tembak atau panah (bukan untuk berburu) dan bentuk penyiksaan lainnya untuk merenungi hadits ini, agar tidak mendapatkan hal yg sama seperti perempuan tersebut, yaitu diadzab di dalam neraka.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline