Lihat ke Halaman Asli

Rendi Fisabilillah Amin

Mahasiswa Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati Bandung

Kuliah Kerja Nyata UIN Sunan Gunung Djati Bandung 2022 di Desa Mekarjaya, Purwakarta

Diperbarui: 31 Agustus 2022   13:49

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

dokpri

Kuliah Kerja Nyata (KKN) merupakan bentuk perwujudan pengabdian yang dilakukan oleh mahasiswa kepada masyarakat serta merupakan bentuk implementasi dari salah satu Tri Dharma Perguruan Tinggi. 

Program ini dilaksanakan dengan bantuan serta bimbingan dari Lembaga Penelitian & Pengabdian Masyarakat (LP2M) Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati, dosen pembimbing lapangan serta pihak-pihak yang juga ikut serta berkontribusi dalam pelaksanaan KKN ini.

Program KKN ini merupakan sarana bagi setiap mahasiswa untuk mengaplikasikan ilmu pengetahuan secara nyata serta mengabdi kepada masyarakat untuk memanfaatkan potensi Sumber Daya Alam (SDA) maupun Sumber Daya Manusia (SDM) bagi daerah-daerah yang akan menjadi lokasi KKN.

 Kegiatan KKN ini dilaksanakan pada tanggal 25 juli sampai dengan 25 Agustus, yang berlokasi di desa Mekarjaya, kecamatan kiarapedes, kabupaten Purwakarta. 

Selama 30 hari kami mengabdi dan berbaur pada masyarakat. Suka duka telah dilewati bersama, yang berawal dari orang yang asing, sampai akhirnya kami saling berkawan dan mengisi satu sama lain. Saling membantu mensukseskan program-program yang sebelumnya sudah kami rencanakan, seperti meningkatkan kemampuan anak dalam berbahasa Inggris, membagikan pot  dan tanaman pedes, mensukseskan kegiatan 17 Agustus HUT RI ke 77, seperti pawai obor & lomba antar kelas di SDN 01 Mekarjaya, mensurvey kegiatan warga serta kebudayaan sekitar. lalu bergotong royong dalam merayakan acara Muharram atau tahun baru Islam. 

Warga desa sangat antusias merayakan berbagai acara dan menyambut hangat para mahasiswa/i . Terutama kepada bapak kepala desa yang biasa dipanggil Abah kokoh yang selalu membimbing, mengarahkan dan menyambut teman-teman KKN sekalian dari awal pembukaan hingga akhir penutupan. 

Dan syukur Alhamdulillah program kami untuk memberikan pengajaran kepada siswa siswi sekolah dasar 01 Mekarjaya berjalan lancar dengan dukungan dari para dewan guru dan perangkat desa. yang memang SD tersebut sedang kekurangan tenaga pengajar, juga kekurangan dalam hal dana, sumberdaya manusia, dan banyak faktor kekurangan lainnya yang harus dibenahi, baik di bidang pendidikan atau sekolah maupun di kantor desa. sehingga para guru sangat senang apabila para mahasiswa mau membantu untuk mengajar di sekolah. Tidak terkecuali para wali murid.

Terimakasih yang sebanyak-banyaknya untuk teman-teman, dosen pembimbing lapangan, para warga, para tokoh masyarakat dan semua yang terlibat dalam program KKN di desa Mekarjaya ini. Untuk satu bulan yang singkat namun berharga ini. 

dokpri

Dosen pembimbing lapangan: FAHMI HASAN NUGROHO, M.A.

Ketua kelompok: Irvan Falasifa Hasan




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline