Lihat ke Halaman Asli

Pantai Tanjung Pesona, Surga Ketenangan di Pulau Bangka

Diperbarui: 9 Mei 2017   21:45

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.


Finally saya bisa mengunjungi Kepulauan Bangka Belitung. Dalam bayangan saya  saat sampai disana, saya akan mejelajah pantai indah yang digunakan untuk syuting film lascar pelangi. Namun karena singkatnya waktu kunjungan, saya tidak bisa mengunjungi pulau Belitung. Dari pulau Bangka  menuju pulau Belitung bisa ditempuh dengan dua cara, lewat udara menggunakan pesawat dengan jadwal 2 kali penerbangan dan lama penerbangan 1 jam perjalanan dan lewat laut menggunakan boat selama 4 jam. Akhirnya   Saya memutuskan untuk mengeksplor pantai-pantai di pulau Bangka.  Gaung wisata di pulau Bangka kurang didengar kalayak ramai hal ini disebabkan kurangnya promosi yang dilakukan oleh pemerintah setempat. Ini berkaitan dengan Kebijakan Pemerintah Provinsi Bangka Belitung untuk pengembangan pulau Bangka lebih ditekankan pada sektor pertambangan dan perkebunan sedangkan pulau Belitung pada sektor pariwisata.

Pulau Bangka dikenal sebagai penghasil Lada dengan kualitas terbaik di Indonesia disektor perkebunan dan timah  disektor pertambangan. Namun  tidak hanya lada dan timah yang ada di pulau Bangka ternyata Pulau Bangka juga memiliki pantai pantai  indah yang sangat sayang untuk dilewatkan.

Salah satu pantai yang membuat saya jatuh cinta adalah pantai Tanjung Pesona. Pantai Tanjung Pesona berjarak 9 km dari Kota Sungailiat Kabupaten Bangka tepatnya  berada di Desa Rambak Kecamatan Sungailiat.  Perjalanan menuju pantai ini dapat kita tempuh dalam waktu 45 menit Dari Pangkalpinang, ibukota Provinsi Kepulauan Bangka Belitung.

Perjalanan menuju Pantai Tanjung Pesona  melewati pantai pasir panjang dan pantai tikus. Spanjang jalan yang dilewati kita akan melihat kebun lada yang merupakan komoditi unggul di kabupaten Bangka serta jalan-jalan yang relatif sepi dan bersih.

foto-1-fileminimizer-5911cfa15697739125f1d979.jpg

Pantai ini memiliki pasir putih dengan butiran yang lembut. Ombak yang malu malu menyapa pantai dan angin semilir menbuat kita damai. Pemandangan lepas pantai diatas tanjung dengan susunan bebatuan nan eksotik. Mata kita dimanjakan dengan indahnya jajaran batu granit yang terhampar begitu saja di sepanjang pantai yang sebagian terendam di dasar laut.

foto-7-fileminimizer-5911d009cf7a61c37f384b20.jpg

Keindahan panorama pantai Tanjung Pesona kian lengkap dengan 3 tingkatan pantai. Struktur pantai paling bawah merupakan pantai landai dengan pasir lembut, kemudian ditingkat kedua terdapat gazebo yang menjorok ke laut dan tingkat paling atas merupakan susunan bebatuan besar nan eksotik.

Saya berkunjung kesana saat hari kerja sehingga pengunjung tidak begitu banyak. Saya bebas menikmati keindahan pantai,serasa berada di pantai pribadi. Hal menarik yang saya temui disana adalah saat surut bebatuan seakan-akan membelah pantai menjadi dua.

foto-4-fileminimizer-5911d0440f93739b74534a8d.jpg

foto-3-5911d0b652f9fd684397e81c.jpg

Jembatan yang selama ini menjadi identitas Pantai Tanjung Pesona pun bisa kita saksikan dari sisi selatan ini. Ada dua jembatan yang ada di Pantai Tanjung Pesona. Satu jembatan tanpa pagar berada di sebelah barat dan satu jembatan berpagar yang berada di wilayah resort. Menyusuri jembatan membawa saya menyeberang ke sebuah pondok kecil yang dibangun di ujung jembatan. Dari pondok itu, kita bisa melihatkan keindahan lain Pantai Tanjung Pesona, kita seolah-olah berada di tengah laut lepas.

foto-6-5911d1320f9373d561534a8b.jpg

Fasilitas yang disediakan oleh pengelola pantai Tanjung Pesona  bisa dibilang sangat lengkap dan dikelola dengan profesional.  Terdapat hotel berbintang empat  Tanjung Pesona Beach Resort atau Hotel Tanjung Pesona terletak di pinggir pantai yang indah. Kamar-kamar hotel didesain menghadap ke pantai sehingga pengunjung dapat menikmati keindahan pantai dari balik jendela kamarn hotel. Tanjung Pesona juga telah memilki water sport. Berbagai fasilitasi water sport seperti Cano, BananaBoat, Jet Sky, Fishing At Sea With Speedboat, Fishing at Coral & SpeedboatTour, sudah tersedia dikawasan ini. Harga untuk menggunakan Fasilitas watersport di Tanjung Pesona Beach Resort cukup murah dan terjangkau. Selain watersport juga ada restoran, mini bar, Swimming Pool, Tanjung Spa, Futsal, TenisLapangan, Volly Pantai, Basket Ball, Funbike. Untuk harga kamar, mulai dari Rp800 ribu sampai Rp 2 juta yang terdiri dari kelas standar, superior, eksekutif,deluxe, suite dan vila.

tanjung-pesona-resort-5911d32bcf7a61b70b384b1e.jpg

Saatberkunjung ke Tempat wisata,  kulineradalah hal yang sangat sayang untuk dilewatkan.  Kita dapat menikmati aneka kuliner di  sepanjang pantai Tanjung Pesona. Untukkuliner Khas Bangka dapat kita nikmati di Restoran hotel . Selain masakan khas Bangka,kita juga dapat menikmati kuliner nusantara lain seperti masakan sunda, padang, bakso, seafood dan  masakan eropa serta Chinesefood. Pada hari minggu atau hari libur, banyak pedagang kelapa muda dan jagungbakar yang siap menjamu pengunjung.
Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline