Lihat ke Halaman Asli

PRIADARSINI (DESSY)

TERVERIFIKASI

Karyawan Biasa

Sumbangan Rp 1,2 Milyar Untuk Darsem..

Diperbarui: 26 Juni 2015   03:04

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Bagikan ide kreativitasmu dalam bentuk konten di Kompasiana | Sumber gambar: Freepik

Seperti yang sama-sama kita ketahui Darsem berhasil diselamatkan dari hukuman mati di Arab Saudi dengan uang tebusan sebesar Rp. 4,7 Milyar. Sebelumnya Ruyati tak berhasil diselamatkan dan kemudian di eksekusi, akhirnya media dan masyarakat bersimpati terhadap kasus Darsem yang dalam proses eksekusi.

Berawal dari keinginan membantu pembebasan Darsem inilah, kemudian salah satu tv swasta menggalang dana dari pemirsanya. Yang akhirnya terkumpul Rp. 1,2 Milyar, sebuah jumlah yang fantastis.

Sumbangan tersebut sudah diterima Darsem, yang kemudian Darsem tak lupa berbagi, dengan memberi santunan kepada keluarga Ruyati sebesar Rp. 20 juta.

Melihat hal ini, ada sedikit yang kurang pas menurut saya. Bila kita kembali kepada niat awal pengumpulan sumbangan adalah untuk membebaskan Darsem. Namun ternyata Darsem dibebaskan tanpa menggunakan uang tersebut. Bukankah sebaiknya uang tersebut digunakan untuk pembebasan TKI lain yang sedang dalam proses hukuman mati atau bisa juga untuk TKI yang bermasalah? Sedang untuk Darsem tentu tetap diberikan santunan yang sesuai.

Dana itu juga bisa untuk membuat sebuah Yayasan Darsem atau Ruyati, yang dikelola sebagai bantuan hukum bagi TKI bermasalah dan untuk tempat pelatihan keterampilan para calon TKI. Seperti hal nya "Koin Cinta untuk Bilqis" yang digunakan untuk membantu penderita penyakit yang sama.

Karena bila dana sebesar itu tak digunakan tepat sasaran dan tak sesuai dengan niat awal si penyumbang, akan membuat orang enggan untuk menyumbang bila ada penggalangan dana seperti itu.

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline