Lihat ke Halaman Asli

Cynthia Safitri

IAIN JEMBER

Filsafat Pendidikan Perenialisme dan Pemikiran Tokoh-tokoh Filsufnya

Diperbarui: 30 Mei 2020   16:08

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Filsafat. Sumber ilustrasi: PEXELS/Wirestock

A. Pengertian Perenialisme

Perenialisme dikatakan juga sebagai filsafat keabadian. Esensi aliran ini berupaya menerapkan nilai-nilai dan norma-norma yang bersifat kekal dan abadi dalam sejarah manusia, maka perenialisme dianggap aliran yang ingin kembali kepada kebudayaan dimasa lampau. 

Aliran filsafat perenialisme yaitu suatu tradisi yang ada serta menyebut suatu kebenaran yang merupakan suatu pandangan pasti serta menganggap mereka ada.

B. Pemikiran Tokoh-Tokoh Filusuf Perenialisme

1. Robert Maynard Hutchins

Robert Mainart Hutchins adalah salah satu tokoh pemikiran filsafat pendidikan perenialisme yang lahir di Amerika pada tahun 1899. Hutchins mengembangkan kurikulum berdasarkan penelitian terhadap buku besar bersejarah serta pembahasan buku-buku klasik.

2. Ortimer Adler

Ortimer Adler adalah salah satu tokoh pemikiran filsafat pendidikan perenialisme yang lahir di Amerika Serikat pada tahun 1902 dan meninggal pada tahun 2001. 

Adler  berpendapat bahwa pendidikan merupakan sebuah proses dalam kehidupan manusia yang sangat berpengaruh dalam suatu kebiasaan, dimana kebiasaan tersebut dapat dibenarkan dengan suatu kebiasaan yang lebih baik lagi.

3. Thomas Aquinnes

Ia mempunyai tujuan suatu usaha untuk merealisasikan suatu kapasitas untuk tiap individu. Sebuah tujuan pendidik untuk mengatur peserta didik kearah yang lebih baik dan mematangkan intelektual.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline