A. Aliran Filsafat Pendidikan
1. Aliran Progresivisme
Pendapat aliran ini mengatakan bahwa pengetahuan yang benar pada masa kini belum tentu benar pada masa yang akan datang. Aliran juga mengatakan bahwa pedidikan harus berpusat pada anak didik bukan pada guru atau bidang muatannya.
~ Sifat-sifat dalam aliran progresivisme ada 2 yakni,
a. Positif => dalam artian menaruh kepercayaan kepada kekuatan manusia dari alam sejak lahir.
b. Negatif => dalam artian menolak otoritarisme dan absolutisme dalam segala bentuk. Seperti yang terdapat dalam agama politik, etika, epistemologi.
2. Aliran Esensialisme
Aliran filsafat pendidikan yang didasarkan oleh nilai kebudayaan yang ada sejak awal peradaban manusia. Aliran ini berpandangan bahwa pendidikan harus berpijak pada nilai yang jelas dan bertahan lama yang memberikan kestabilan. Hakikat pendidikannya mencakup ilmu pengetahuan, kesenian dan segala hal yang mampu menggerakkan kehendak manusia.
3. Aliran Perenialisme
Perenialisme mengandung kepercayaan filsafat yang berpegang teguh pada nilai-nilai dan norma-norma yang bersifat kekal abadi. Aliran ini merupakan hasil pemikiran yang memberikan kemungkinan bagi seseorang untuk bersifat tegas dan lurus.
4. Aliran Rekonstrusionisme