Lihat ke Halaman Asli

Cynthia Pratiwi

Nobodys perfect

Bergaul dengan Mudah dengan Orang Lain

Diperbarui: 23 Desember 2021   22:43

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Baru-baru ini, saya sempet ditanya oleh teman dekat saya tentang kok kamu bisa si bergaul dengan mudah dengan orang yang baru saja dikenal. Dapat ngobrol dengan santai dan terlihat seperti sudah lama mengenalnya. Saya rasa topik ini menarik untuk diangkat dalam tulisan saya kali ini, karena manusia pada umumnya merupakan mahluk social yang tidak dapat hidup sendir.Jadi pastinya kita butuh orang lain untuk jadi jauh lebih sukses, jauh lebih baik. Berikut saya akan membagikan tips cara bergaul dengan orang baru.

  • Mindset

Mindset adalah hal pertama yang harus dimiliki untuk dapat bergaul dengan orang baru. Mindset harus bener dulu, Mindset kita tuh nggak boleh jadi satu orang yang terlalu individualis kayak saya bisa mengerjakan ini semua sendiri dsbnya, nah dengan menyadari bahwa kita tuh butuh orang lain, membuat kita jadi jauh lebih mudah untuk bergaul dengan orang baru. Seperti kita harus sadar bahwa kita perlu kolaborasi untuk mendapatkan hal yang jauh lebih baik, hasil yang jauh lebih hebat, dan rejeki pun juga bisa jadi muncul dari kita bersilaturahmi. Jika dikaitkan dengan komunikasi interpersonal, mindset yang salah dapat membuat beberapa hambatan dalam proses komunikasi dengan orang baru seperti salah satunya Premature judgement.

  • Membuat ketertarikan dengan orang lain

Hal ini menjadi penting, karena Ketika orang baru melihat kita tertarik dengan mereka, orang baru ini bisa jadi menjadi lebih nyaman dan terbuka. Disatu sisi, mereka akan jauh lebih senang untuk bergaul dengan kit ajika kita menunjukkan rasa ketertarikan kita terhadap mereka. Misalnya Ketika kita tau orang tersebut suka menonton film, kita akan memperlihatkan bahwa kita juga suka menonton film sehingga mereka akan merasa dengan senang hati menceritakan film favorit mereka atau carilah kesamaan kesamaan antara kamu dan dirinya sehingga timbullah komunikasi yang dilandaskan dengan hubungan antar pribadi.

Kemampuan mendengarkan juga sangat dibutuhkan dalam membuat orang tertarik, diawali dengan mendengarkan mindful yang artinya kamu membuat suatu keputusan dengan sadar untuk memberikan perhatian mu kepadanya, lalu memahami perkataan dia, mengingat, mengevaluasi, dan akhirnya memberikan respon.

  • Jangan meminta tapi memberi jika bisa

Point ini merupakan hal sepele namun berdampak besar terhadap pandangan orang lain ke kamu. Jangan Ketika baru kenal, lantas merasa bahwa orang ini sudah dekat dan kita meminta sesuatu dari mereka. Usahakan Ketika baru mengenal seseorang, lebih ke arah memberi agar orang itu tau bahwa kamu adalah pribadi yang mandiri dan tidak akan membebaninya di kemudian hari.

Itulah tadi beberapa tips dari saya tentang bagaimana cara bergaul dengan mudah dengan orang baru. Semoga membantu dan terima kasih sudah membaca.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline