Lihat ke Halaman Asli

Cut Kharisa Maharani

23107030083 Ilmu Komunikasi - UIN Sunan Kalijaga

Rahasia Kecantikan: Tips dan Trik untuk Tampil Memukau Setiap Hari

Diperbarui: 26 Februari 2024   23:40

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

radarjabar.disway.id

Halo, bestie beauty! Kecantikan merupakan dambaan bagi para seluruh wanita, bahkan tidak jarang banyak wanita yang merogoh kocek hingga ratusan juta untuk dapat tampil cantik.

Namun, tenang bestie karena di era yang serba modern ini kita tidak perlu repot-repot untuk dapat tampil memukau. Karena ada banyak cara mudah yang dapat dilakukan secara mandiri ketika sedang bersantai di rumah.

Untuk mendapatkan hasil yang memuaskan, tentu kita membutuhkan sebuah proses. Sama halnya dengan kecantikan, kita perlu merawat kulit wajah kita terlebih dahulu untuk bisa memiliki kulit yang sehat. Berikut beberapa cara agar kita dapat menjadikan kulit wajah kita sehat dan memukau setiap hari, simak terus sampai habis ya!

Mengetahui Jenis Kulit dan Kebutuhan Kecantikan Anda

Sebelum mengenali kulit wajah kita, dijelaskan menurut medis bahwa ada 16 jenis kulit wajah manusia. Namun, pada umumnya atau secara basic hanya terbagi menjadi 4 jenis kulit wajah.

Kulit normal

Kulit ini merupakan kulit yang paling ideal karena jarang sekali mengalami masalah kulit yang serius. Kulit normal cenderung memiliki ciri kelembapan yang pas, ukuran pori-pori normal, dan kulit wajah tampak cerah dan bercahaya serta terasa kenyal.

Kulit berminyak

Jenis kulit ini tergolong aktif dalam memproduksi minyak berlebih, sehingga memiliki tingkat kelembaban yang cukup tinggi. Kulit berminyak paling potensial untuk berkomedo dan berjerawat, karena pori-pori pada wajah akan sering tersumbat oleh kotoran dan sel-sel kulit mati yang menempel pada minyak wajah. Kulit ini cenderung cepat mengkilap, pori-pori terlihat besar dan mudah kotor.

Kulit kering

Berkebalikan dengan kulit berminyak, kulit ini memproduksi sedikit minyak sehingga rentan dehidrasi karena tidak bisa mencegah air di lapisan kulit menguap ke udara. Jenis kulit ini cenderung bersisik atau memiliki pori-pori yang mudah terlihat akibat kelembaban yang rendah, tampak kusam, kemerahan dan garis halus jelas terlihat.

Kulit kombinasi

Kulit kombinasi terbilang cukup unik karena merupakan kombinasi dari 3 jenis kulit lainnya. Pada jenis kulit ini, biasanya daerah T-zone (dahi, hidung, dan dagu) cenderung berminyak dan di daerah lain kering, normal atau lembab.

Perlu diketahui bahwa kulit sensitif dan rentan berjerawat bukan termasuk kedalam jenis kulit ya bestie, melainkan kondisi kulit. Jadi penulis tidak membahasnya disini.

Selanjutnya, dikutip dari jurnal RSUD Tulung Agung bahwa cara paling mudah mengetahui jenis kulit wajah kita adalah dengan mencuci wajah dan diamkan selama 30 menit tanpa menggunakan produk skincare apapun. Jika muncul beberapa tanda seperti berminyak, bersisik, normal dan kombinasi, maka yang perlu menjadi perhatian adalah pemilihan skincare yang sesuai dan tepat.

plasthetic.com

Nah, setelah mengenali jenis kulit yang sesuai, maka bestie beauty perlu merawat kulit sesuai dengan kebutuhan kecantikan masing-masing karena semua jenis kulit memiliki cara dan penanganan yang berbeda.

Perawatan kulit normal

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline