Lihat ke Halaman Asli

Cut Geubrina Risky

Mahasiswa Universitas Muhammadyiah Aceh Fakultas Kesehatan Masyarakat

Benarkah Radiasi HP Bisa Menimbulkan Risiko bagi Kesehatan? Berikut fakta tentang Bahaya Radiasi HP bagi kesehatan dan Dampak bagi Tubuh

Diperbarui: 7 April 2022   05:30

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Gaya Hidup. Sumber ilustrasi: FREEPIK/Rawpixel

Di zaman sekarang siapa yang tidak menggunakan telepon genggam? Telepon genggam, atau lebih dikenal dengan istilah handphone, penggunaan telepon genggam tidak terlepas dari kehidupan sehari hari. Padahal, ada bahaya radiasi Hp yang mengintai penggunanya setiap saat, namun seiring muncul dugaan bahwa penggunaan handphon secara berlebihan dapat menimbulkan risiko dampak buruk bagi kesehatan. Namun apakah benar demikian?

 
Pada dasarnya telepon genggam, bekerja dengan cara memancarkan gelombang radiasi. Maka paparan radiasi inilah yang diduga dapat menimbulkan risiko buruk pada kesehatan misalnya risiko kanker, gangguan bagian otak saraf, dan dapat membuat kulit jadi lebih rentan berkeriput, apabila terlalu sering terkena paparannya.

Hingga saat ini belum dapat di pastikan karena msh sedikit data dan bukti ilmiah terkait bahaya radiasi handphonl, salah satu risiko radiasi handphon ialah dapat menyebabkan risiko kanker. Karena efek radiasi elektromagnetik yg tidak diragukan lagi kebenarannya adalah bisa terjadi peningkatan suhu panas di bagian tubuh misalnya seperti di kepala dan di telinga, tetapi belom dapat dipastikan berapa kenaikan suhu tubuh dari radiasi tersebut.

Beberapa studi juga mengatakan dampak radiasi ini dapat mengakibatkan berkembangnya sel kanker pada otak karena pancaran gelombang elektromagnetik mampu menembus ruang hampa hingga ke jaringan otak secara tegak lurus. hal inilah yang menyebabkan glokoma munculnya sel kanker pada otak. Selain itu radiasi bisa mempercepat pertumbuhan neoplasma yang tidak seharusnya berubah menjadi sel kanker aktif pada otak.

Berikut tips agar terhindar dari paparan radiasi handphon :

1) Cukup gunakan handphon bila diperlukan dan batasi main handphon

2) Gunakan earphone saat menerima panggilan agar dapat menjaga jarak handphon dengan kepala

3) Jangan menaruh handphon didalam saku celana, karena paparan radiasi handphon bisa mempengaruhi kesuburan

4) jauhkan handphon dari wajah saat streaming, dan atur pula paparan radiasi handphon terutama pada anak, dan berikan batasan saat bermain handphone minimal 1 jam perhari

5) Bila ada pasang anti gores photocromic agar paparan radiasi ponsel bisa berkurang

Pada saat ini memang sudah maksimal penggunaan handphone namun tak banyak pula yang menyadari bahaya radiasi handphone bagi kesehatan. kecanggihan teknologi memang memberikan kemudahan saat beraktivitas, namun kita juga perlu membatasi penggunaan handphon karena mengingat ada beberapa risiko gangguan Radiasi gelombang radio yang diterima dan dikirimkan oleh handphone dapat menyebar ke segala arah, termasuk tubuh. terutama otak.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline