Lihat ke Halaman Asli

GM Viswanathan Anand Pecatur Terkuat Zaman Modern

Diperbarui: 24 Juni 2015   00:13

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

13963254351940595555


Secara meyakinkan, GM Viswanathan Anand  menjuarai Turnamen Kandidat 2014 yang berlangsung di Khanty Mansiysk, Rusia setelah  bermain remis dengan pecatur Rusia Peter Svidler langkah ke-34. Dengan demikian Anand kembali akan berhadapan dengan GM Magnus Carlsen dalam perebutan gelar juara dunia tahun ini,  kali ini dengan posisi sebagai penantang.

“Selamat kepada teman dan saingan lama Vishy Anand atas keberhasilannya memenangkan Turnamen Kandidat. Saya tidak percaya itu mungkin, tetapi anda membuktikannya dengan hasil” demikian tulis  Garry Kasparov di akun twitternya.

Sementara itu, Presiden FIDE Kirsan Ilyumzhin memuji kemenangan Anand sebagai sangat meyakinkan. "Menurut saya, kemenangan Vishy Anand sangat  layak dan meyakinkan. Ia sekali lagi membuktikan bahwa ia adalah salah satu pemain terkuat dan terbesar pada zaman modern," katanya seperti dikutip dari  situs resmi turnamen .

Setelah kehilangan mahkota juara dunia yang direbut  oleh penantangnya  GM Magnus Carlsen tanpa pernah sekalipun menang di kandang sendiri pada bulan November tahun lalu, Viswanathan Anand berusaha menelan aib memalukan  tersebut dan dengan bijak  mengatakan: "Saya perlu kehilangan gelar untuk mengetahui  apa yang salah."

Anand memang kemudian membuktikannya. Hadir sebagai pecatur yang dianggap sudah “habis’,  pecatur yang dijuluki “Tiger From Madras” ini malah unggul 2 poin penuh  atas pecatur unggulan utama  GM Levon Aronian dari Armenia dan 1,5 poin dari pemain favorit lainnya GM Vladimir Kramnik dari Rusia. Hebatnya, selama 12 babak, Anand tidak pernah kalah sekalipun!

13963257771114195199


Sebelumnya Fide telah memilih 8 pemain yang akan bertarung untuk mencari penantang Juara Dunia 2013 GM Magnus Carlsen dari Norwegia. Sebagai mantan Juara Dunia, Anand berhak mendapat tiket otomatis sebagai salah satu peserta Turnamen Kandidat yang berlangsung dari tanggal 11 Maret-30 Maret 2014 ini. Berikut adalah kedelapan pecatur tersebut:

1. Viswanathan Anand (INDIA), Mantan Juara Dunia

2. Vladimir Kramnik (RUSIA),  Juara  World Cup 2013

3. Dmitry Andreikin (RUSIA), Finalis World Cup 2013

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline